Lima Pengaruh Buruk Akibat Tidur Berlebihan, Nomor 4 Paling Sering

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MENGISTIRAHATKAN tubuh dengan tidur dipercaya dapat membantu merefresh atau sebagai proses peremajaan tubuh. Namun, kuantitas jam tidur juga sangat mempengaruhi kesehatan. Kurang tidur tak baik, namun berlebihan juga bisa menambah penyakit.

Melihat fenomena tersebut, para pakar mengajurkan tidak tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya.

Berikut ini beberapa bahaya tidur yang berlebihan, oversleeping atau bisa juga disebut dengan hipersomnia bagi kesehatan, seperti dilansir laman Ehow.

1. Kelelahan dan Obesitas.

Terlalu banyak tidur justru bisa membuat Anda merasa lebih lelah. Ini karena semakin lama Anda tidur, maka akan semakin rendah suhu tubuh, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelelahan dan kelesuan yang ekstrem saat bangun.

Sayangnya dengan oversleeping, Anda lebih berisiko mengalami obesitas karena tubuh butuh waktu lebih lama untuk pulih dari tidur yang berlebih dan mulai membakar kalori sepanjang hari.

2. Depresi.

Depresi adalah kerugian umum bagi mereka yang kelaparan. Ini mungkin karena kenyataan bahwa semakin lama Anda tidur, maka semakin sedikit aktivitas fisik yang didapatkan, sehingga jumlah endorfin yang menurun bisa memicu mood buruk.

3. Diabetes dan Penyakit Jantung.

Studi telah menunjukkan bahwa diabetes dan penyakit jantung terkait dengan lamanya waktu tidur yang seseorang dapatkan.

Sementara penyebabnya mungkin tidak diketahui, fakta bahwa obesitas adalah risiko bagi mereka yang tidur terlalu lama membuat setiap orang berisiko terkena diabetes dan penyakit jantung.



loading...

Feeds