Hari Ini, 6.526 Pendaftar Jalur Mandiri USU Berebut 2.053 Kursi

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu saat memantau pelaksanaan ujian tulis seleksi jalur mandiri, beberapa waktu lalu.
foto : fir/pojoksumut

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu saat memantau pelaksanaan ujian tulis seleksi jalur mandiri, beberapa waktu lalu. foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri Universitas Sumatera Utara (USU) tahun akademik 2017/2018 telah berakhir dan resmi ditutup Jumat (7/7) lalu.

Sebanyak 6.500 lebih calon mahasiswa kampus tersebut telah mendaftar, dan kini berjuang berebut kursi dengan menghadapi ujian tulis, Selasa (11/7).

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu melalui Kepala Bagian Humas USU Bisru Hafi menyebutkan, berdasarkan data terakhir jumlah pendaftar jalur mandiri tahun ini mencapai 6.526 orang. Jumlah itu meliputi 3 kelompok pendaftar, yakni 3.206 IPA, 2.280 IPS dan 1.040 IPC.

“Pendaftaran jalur mandiri USU telah dibuka sejak 12 Juni lalu secara online di website penerimaan.usu.ac.id dan berakhir Jumat lalu. Setelah pendaftaran selesai selanjutnya mereka menghadapi ujian tulis pada hari ini,” tutur Bisru saat diwawancarai disela-sela memantau pelaksanaan ujian.

Diutarakan dia, ujian yang akan dihadapi para peserta dilakukan secara tertulis meliputi, tes kemampuan dasar IPA, tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA) serta tes kemampuan dasar IPS. Untuk hasil ujian akan diumumkan pada 20 Juli mendatang.

“Sebelum menghadapi ujian, jauh-jauh hari kita sudah mengimbau kepada peserta harus sudah mengetahui ruang dan lokasi ujian. Untuk perlengkapan yang harus dibawa peserta antara lain, Kartu Tanda Peserta, fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat dan sudah dilegalisir serta alat tulis,” sebut Bisru.

Dia menambahkan, jumlah pendaftar jalur mandiri ini meningkat dibanding tahun 2016 yakni 5.404 orang. Bahkan, kuota atau daya tampung yang diberikan juga meningkat dari 1.896 orang tahun 2016 menjadi 2.053 orang tahun 2017.

(fir/pojoksumut/sdf)



loading...

Feeds

Bebaskan Tiga Rekan Kami!

Ketiga mahasiswa tersebut adalah adalah Sier Mensen (mahasiswa USU), serta Fadel dan Vikri (mahasiswa ITM). Saat ini, mereka ditahan di …