Peringati Setahun Terbakarnya Pasar Aksara, Pedagang Tagih Janji Wali Kota

Ibu-ibu pedagang mengekspresikan keluhan terhadap penyelesaian Pasar Aksara, Rabu (12/7/2017).
foto : IST

Ibu-ibu pedagang mengekspresikan keluhan terhadap penyelesaian Pasar Aksara, Rabu (12/7/2017). foto : IST

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Puluhan pedagang tradisional yang sebelumnya biasa berjualan di Pasar Aksara Medan memperingati setahun terbakarnya pasar tersebut, Rabu (12/7/2017).

Para pedagang menggelar aksi turun ke jalan. Selain itu, para pedagang juga mengirimkan papan bunga.

Tak sekadar aksi, pedagang juga memblokade Jalan Aksara dengan menggunakan kursi plastik. Akibatnya, aksi tersebut membuat kemacetan hingga sempat membuat lumpuh arus lalu lintas.

Salah seorang pedagang bermarga Saut Turnip menyampaikan, aksi yang dilakukan ini karena para pedagang menagih janji Walik Kota Medan.

“Mana janji Wali Kota yang mau merelokasi kami. Kami pedagang berharap Pasar Aksara ini bisa dibangun kembali,” teriak Sekretaris Pedagang Korban Kebakaran Pasar Tradisional Aksara Medan ini.

Selain meminta realisasi janji Wali Kota Medan, Turnip dan para pedagang meminta kepada Komisi C DPRD Medan untuk mengawal aspirasi pedagang. Selama ini, tidak ada tindaklanjut dari Komisi C.

“Kepada PD Pasar, kami ini sudah terlunta-lunta sejak setahun belakangan. Mohonlah kami ini ditampung di tempat yang layak,” ujarnya.

Sementara, menanggapi tuntutan para pedagang, Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengatakan, Pemerintah Kota Medan enggan membangun pasar tersebut. Sebab, lokasi pasar itu akan dibangun jalur layang atau fly over.

“Kalau kita lihat daripada lokasi yang sekarang, itu sudah tidak mungkin lagi. Karena, di sini akan dibangun fly over,” ungkap Rusdi kepada wartawan.

Oleh karena itu, PD Pasar Kota Medan memberikan solusi untuk merelokasi pedagang yang tak jauh dari Pasar Aksara Medan. Tepatnya, ‎di eks Rumah Sakit Martondi di Jalan Letda Sujono, Kecamatan Medan Tembung, Medan, Lokasi itu dinilai sangat layak lantaran lahannya yang cukup luas.

“PD Pasar menawarkan untuk merelokasi pasar ke lokasi di bekas RS Martondi. Sudah kita siapkan, luasnya dua kali lipat dari Pasar Aksara,” katanya.



loading...

Feeds