Hasil Survei : Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki di Dunia

ilustrasi
foto : pixabay

ilustrasi foto : pixabay

POJOKSUMUT.com, PARA peneliti di Amerika Serikat memiliki data mengenai seberapa aktif manusia di bumi. Hasil analisis dari Universitas Stanford itu pun bikin Indonesia masuk berita.

Pasalnya, berdasar data tersebut, Indonesia menjadi negara yang rakyatnya paling sedikit berjalan kaki. Sedangkan posisi nomor satu diduduki oleh Hongkong.

Berdasar data yang dirilis di jurnal Nature, para peneliti menemukan kalau orang rata-rata melangkah 4.961 kali per hari. Hongkong, paling banyak langkah kakinya yaitu 6.880 kali. Sedangkan Indonesia berada di urutan paling buncit dengan rata-rata langkah kaki 3.513 kali.

Analisi itu dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang tertanam dalam smartphone. Ada sekitar 717 ribu data yang diteliti dari 111 negara selama 95 hari.

”Ini adalah penelitian yang lebih besar seribu kali dibanding penelitian mengenai gerakan manusia lain yang pernah dilakukan,” ujar Scott Delp, professor bioengineering dan salah satu peneliti studi itu.

”Memang sudah ada survei kesehatan lain yang dilakukan. Tetapi, studi kami ini mencakup lebih banyak negara, subjek, dan mencatat aktivitas manusia sehari-hari,” sambungnya. Hasil penelitian ini nantinya bisa digunakan untuk penelitian lebih lanjut seperti obesitas dan level kesehatan. (BBC/newsstanford/tia/JPK)



loading...

Feeds

PAC PP Medan Petisah Dilantik

Ketua MPC PP Kota Medan AR Batubara mengatakan, kiranya amanah yang diberikan ini dapat dipertanggungjawabkan. "Diharapkan seluruh pengurus dapat melaksanakan …

Cegah Kenakalan Remaja Lewat Pramuka

Diutarakan Hasan Basri, pramuka merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter, moralitas, kejujuran, jiwa satria bangsa dan seterusnya. Oleh karena itu, …