Siswi SMP YPSA Wakili Sumut di Kemah Budaya Nasional 2017 di Palangkaraya

Pembina YPSA Buya Sofyan Raz didampingi Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty melepas keberangkatan rombongan siswi SMP YPSA, Kamis (13/2/2017).

Pembina YPSA Buya Sofyan Raz didampingi Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty melepas keberangkatan rombongan siswi SMP YPSA, Kamis (13/2/2017).

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sebanyak delapan siswi Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) mewakili Kwartir Daerah Sumatera Utara mengikuti Kemah Budaya Nasional pada 17-21 Juli 2017 di Palangka Kambariat Tuah Pahoe kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Pembina YPSA Buya Sofyan Raz didampingi Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty melepas keberangkatan rombongan siswi SMP YPSA, Kamis (13/2/2017).

Menurut Kepala SMP YPSA Irsal Efendi tahun ini penggalang putri Gerakan Pramuka Gugus Depan 041106 SMP YPSA diberi kepercayaan dan tanggung jawab oleh gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara. Sedangkan untuk penggalang putera dipercaya kepada sekolah lain.
“Alhamdulillah penggalang putri gugus depan 041106 SMP YPSA, satu-satunya sekolah mewakili Sumatera Utara ke Palangkaraya mengikuti Kemah Budaya Nasional 2017 ini. Siswa kita akan didampingi oleh 1 pembina pendamping putera, dan 1 pembina pendamping puteri,” ujarnya.

“Kemah Budaya Nasional Tahun 2017 merupakan bentuk realisasi kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan wawasan anggota Gerakan Pramuka di bidang kebudayaan serta karakter kebangsaan berbasis kesejarahan”, terang Irsal.

Dia mengungkapkan, melalui kegiatan Kemah Budaya Nasional yang ke-8 ini, para Pramuka Penggalang disiapkan agar kelak menjadi manusia berjiwa Pancasila yang mampu hidup bersama dengan rukun dalam keanekaragaman serta menjadi warga negara yang mandiri, peduli dan bertanggungjawab terhadap pelestarian budaya dan bangsa.

“Kegiatan perkemahan berlangsung selama enam hari, diawali dengan upacara pembukaan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Permainan Persaudaraan, Jumpa Tokoh/Budayawan, Giat Prestasi Kesejarahan, Permainan Tradisional dan Rekreatif, Festival Kuliner Nusantara, Seni Kriya (Bahan Daur Ulang), Napak Tilas Kesejarahan, Penjelajahan Budaya, Karnaval Budaya, Lomba Cerdas Cermat, Pengenalan Saka, dan Apresiasi Budaya/Pentas Seni”, beber Irsal.
Sementara itu, Buya Sofyan Raz dalam sambutannya di Wall Garden YPSA mengatakan bersyukur atas prestasi ini. “Alhamdulillah, selamat, dan bersyukur kepada Allah SWT atas pengalaman dan kesempatan yang kalian dapatkan,” ujarnya kepada para siswi.

Dia meminta agar para siswi mempelajari apapun selama kegiatan tersebut dan bisa menjadi contoh dan teladan kepada siswa-siswi lainnya.

“Jangan lupa shalat dan berdoa. Tunjukkan kamu siswa YPSA yang disiplin, religius, dan cerdas. Gunakan sebaik mungkin kesempatan ini agar kamu dapat berbagi dengan teman-teman lain nanti,” pungkasnya. (sdf/pojoksumut)



loading...

Feeds

Bebaskan Tiga Rekan Kami!

Ketiga mahasiswa tersebut adalah adalah Sier Mensen (mahasiswa USU), serta Fadel dan Vikri (mahasiswa ITM). Saat ini, mereka ditahan di …