Gempa di Padangsidimpuan, 60 Rumah Rusak, 1 Warga Terluka

Kondisi rumah warga yang rusah akibat gempa di Padangsidimpuan, Jumat (14/7/2017).
foto :  BNPB

Kondisi rumah warga yang rusah akibat gempa di Padangsidimpuan, Jumat (14/7/2017). foto : BNPB

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Gempa bumi yang terjadi di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, menyebabkan sedikitnya 60 rumah mengalami kerusakan.

“Dampak gempa berkekuatan 5,5 SR pada Jumat (14/7/2017) pagi telah menyebabkan 60 unit rumah rusak,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang dikirim via WhatsApp.

Menurutnya, pusat gempa di darat pada kedalaman 10 km yang berasal dari sesar di darat menyebabkan guncangan keras dirasakan masyarakat.

Berikut daerah yang terdampak dan mengalami kerusakan:

1. Kota Padangsidimpuan:
– Kec. Padangsidimpuan Angkola Julu
– Desa Poken Jior
– Desa Mompang
– Desa Simatohir
– Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru
– Desa Palopat Maria

2. Kabupaten Tapanuli Selatan
– Kec Angkola Barat
– Desa Sitara Toit
– Desa Lobulayan Sigordang

“Dari hasil pendataan sementara, terdapat korban jiwa satu orang di Desa Sitaratoit, yang mengalami luka-luka yaitu Masitoh Ritonga (73),” tambah Sutopo.

Dia menyebutkan, kerugian materiil yang disebabkan gempa diantaranya Desa Pokenjior 6 unit rumah rusak sedang, Desa Mompang satu unit rumah rusak berat, Desa Simatohir satu unit rumah rusak sedang, satu unit rumah rusak ringan dan satu unit Sekolah Dasar rusak ringan.

Kemudian, Desa Palopat Maria satuunit rumah rusak berat, Desa Sitaratoit dua unit rumah rusak berat dan 8 unit rumah rusak ringan, Desa Lobulayan Sigordang 15 unit rumah rusak berat, dan 25 unit rumah rusak ringan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds