Balai Perkeretaapian Kaji Rencana Pembangunan Jalur KA Danau Toba

ilustrasi
foto : youtube

ilustrasi foto : youtube

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pembangunan jalur kereta api (KA) yang menuju Danau Toba saat ini masih dalam tahap perencanaan.

Pembangunan jalur KA dari Pematangsiantar menuju Danau Toba yang diperkirakan sepanjang 60 kilo meter (KM) tersebut, sedang dikaji realisasinya oleh Balai Perkeretaapian.

“Saat ini sedang dilakukan studi kajian untuk pembangunan jalurnya, dari P Siantar menuju Danau Toba. Diharapkan pada tahun ini studi kajian tersebut selesai,” ungkap Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah II Balai Teknik Perkeretaapian Sumbagut, M Yusuf saat dihubungi, Sabtu (15/7/2017).

Diutarakannya, dalam studi itu dilakukan juga kajian untuk membangun stasiun di lokasi mana saja. Berdasarkan standar yang ada di KA, biasanya pembangunan stasiun jaraknya minimal sekitar 10 KM.

“Kemungkinan akan dibangun lima atau enam stasiun nantinya. Namun begitu, masih menunggu hasil dari studi kajian yang dilakukan hingga akhir tahun ini,” sebut M Yusuf.

“Pembangunan ini dilakukan sebagai satu upaya pemerintah memperbanyak akses ke sektor wisata Danau Toba. Mudah-mudahan dengan adanya ini, maka akan menarik minat wisatawan yang berkunjung ke sana karena jarak tempuh dengan kereta api diperkirakan sekitar 3 jam,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds