PPDB Online Tahap II Berakhir, Ini Penjelasan Kadisdik Sumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online tahap II telah berakhir dan ditutup, Senin (17/7/2017) petang. Sebelumnya, pendaftaran dibuka sejak Kamis (13/7/2017) pekan lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis mengatakan, hasil seleksi PPDB online tahap II ini akan diumumkan besok, Selasa (18/7/2017). Untuk daftar ulangnya kemungkinan pada hari berikutnya.

“Tahap II (PPDB online) ini digelar karena masih ada kuota sekolah yang belum tercukupi. Karena itu, kebijakan ini merupakan solusinya,” kata Arsyad saat dihubungi.

Disinggung sekolah di daerah mana saja yang kuotanya paling banyak tak tercukupi, Arsyad sempat kebingungan menjawab. Namun tak lama kemudian, dia menyebutkan salah satunya di daerah Nias.

“Ya sekolah di daerah kabupaten/kota lah pastinya. Di Nias terutama, banyak sekolah yang muridnya masih sedikit,” ucapnya.

Arsyad mengaku, pada prinsipnya yang terpenting proses belajar mengajar tetap berjalan. Apabila kuota siswa di suatu sekolah tak terpenuhi, maka apa boleh buat.

“Sistem PPDB yang baru ini dengan penilaian zonasi sangat bagus untuk pemerataan sekolah. Sehingga, sekolah-sekolah yang selama ini jumlah muridnya sedikit bisa meningkat,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam penyelenggaraan tahap II ini kuota yang disediakan sekitar 28 ribu siswa di sejumlah SMAN dan SMKN se-Sumut. Pada tahap ini diperuntukkan bagi jalur akademik, lantaran hanya jalur itu yang tersisa.

Untuk siswa yang boleh mendaftar adalah para calon yang telah gagal pada tahap pertama. Selain itu, calon siswa yang sama sekali belum mengikuti. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds