Setnov Tersangka, Kinerja DPR Dipastikan Tak Terganggu

Setya Novanto
foto : Kaganga

Setya Novanto foto : Kaganga

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Penetapan Ketua Umum Golkar yang juga Ketua DPR RI, Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP tak akan menganggu kinerja para anggota dewan.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menjelaskan bahwa hal itu karena pada dasarnya kepemimpinan di DPR RI berlandaskan prinsip kolektif kolegial.

“Sehingga kami akan mengatur agar fungsi DPR tidak ada yang terganggu,” jelasnya, Senin malam (17/7/2017).

Tidak terganggunya tugas DPR RI itu menurutnya terbukti saat Novanto dicekal ke luar negeri oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, masih terkait kasus yang sama.

Untuk itu, lanjut Fahri, besok, Selasa (18/7/2017), pimpinan DPR akan menyelenggarakan rapat internal.

“Kami akan melihat UU nomor 17 tahun 2014 dan Tata Tertib DPR terkait apabila Pimpinan DPR menjadi tersangka, apa yang akan dilakukan kedepan,” pungkas Fahri.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengaku siap menggantikan posisi Setya Novanto sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua DPR.

“Kita semua harus siap,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Untuk status keanggotaan Novanto di DPR, sesuai UU MD3, dia masih bisa menjadi anggota sebelum ada keputusan inkrah.

Namun untuk posisinya di kursi pimpinan perlu ada pergantian atau tidak, kata Fadli tergantung pada keputusan fraksi partai Golkar di DPR.

“Kalau fraksinya tetap memberikan satu keleluasaan pada pimpinan di DPR dalam posisi pimpinan tidak ada masalah, selama belum inkrah kecuali dari partainya melakukan pergantian,” pungkas Fadli.

Seperti diberitakan Novanto jadi tersangka kasus korupsi e-KTP yang merugikan negara senilai Rp2,3 triliun. (san/rmol/dna/JPG)



loading...

Feeds

Bebaskan Tiga Rekan Kami!

Ketiga mahasiswa tersebut adalah adalah Sier Mensen (mahasiswa USU), serta Fadel dan Vikri (mahasiswa ITM). Saat ini, mereka ditahan di …

Bulan Depan, Sheza Idris Naik Pelaminan

Rencananya, pernikahan bakal mereka gelar pada hari Minggu,13 Agustus 2017. Sedangkan, proses akad nikah digelar sehari sebelumnya, yakni Sabtu,12 Agustus …