SMA Negeri di Medan Tak Ikut PPDB Online Tahap II

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online tahap II yang digelar Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) ternyata tak diterapkan oleh SMA Negeri di Medan.

Sebab, seluruh SMA Negeri di kota ketiga terbesar di Indonesia tersebut telah mencukupi kuota siswa baru yang diberikan, baik jalur akademik maupun non akademik.

Berdasarkan data yang dihimpun dari situs Disdik Sumut Senin (17/7/2017), jumlah SMA Negeri di Medan sebanyak 22 sekolah. Setiap sekolah memiliki kuota siswa baru yang berbeda, mulai dari terendah 178 murid dan tertinggi 400 lebih murid.

“Kalau sekolah di Medan termasuk SMA Negeri 1, saya rasa tidak ada lagi PPDB tahap II. Sebab, kuota yang ditetapkan sudah terpenuhi. Jadi, kemungkinan yang menyelenggarakannya sekolah-sekolah di luar Medan. Kalau tidak salah sekolah di Tebingtinggi atau Nias,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Medan Hj Safrimi yang dihubungi, Senin (17/7/2017).

Menurutnya, pelaksanakan gelombang kedua PPDB online ini lantaran belum terpenuhinya kuota sejumlah sekolah. Pendaftarannya telah dibuka mulai Kamis (13/7/2017) pekan lalu dan berakhir hari ini.

“Tahap II tersebut diperuntukkan bagi sekolah yang mengalami kekurangan kuota. Artinya, kuota yang sudah diberikan dan ditetapkan namun tak terpenuhi. Misalnya, yang dibutuhkan 60 murid tetapi yang mendaftar hanya 50 orang,” sebut Safrimi.

Hal senada diutarakan Kepala SMA Negeri 4 Medan, Ramly. Kata dia, pihaknya tak menggelar PPDB tahap II dikarenakan kuota sudah tercukupi.

“Kuota siswa baru yang diterima melalui sistem PPDB online sudah terpenuhi sesuai yang ditetapkan, baik yang jalur akademik maupun non akademik. Setiap kelas diisi maksimal 36 siswa,” tuturnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds