Gempa Susulan Kembali Guncang Padangsidimpuan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, kembali dilanda gempa bumi susulan, Selasa (18/7/2017) dini hari. Gempa susulan yang terjadi berkekuatan 3,4 SR.

“Hari Selasa dini hari tadi sekira pukul 00:28:55 WIB, wilayah Kota Padangsidempuan Provinsi SUMUT kembali diguncang gempa bumi tektonik. Analisis BBMKG menunjukkan bahwa gempa yang terjadi berkekuatan 3,4 SR,” ungkap Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan melalui Kepala Bidang Data dan Informasi Syahnan via WhatsApp.

Disebutkan Syahnan, gempa susulan kali ini dengan posisi episenter pada koordinat 1,69 LU dan 99,20 BT. Tepatnya, di darat pada jarak 15 km arah Barat Laut dari Padangsidimpuan dengan kedalaman 10 km.

“Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Padangsidempuan dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (I-II MMI),” sebutnya.

Menurut dia, gempa bumi ini adalah rangkaian gempa susulan setelah dipicu kejadian gempa bumi utama pada Jumat (14/7/2017) lalu dengan skala 5 SR.

“Hingga hari ini pukul 09.00 WIB jumlah gempa bumi susulan mencapai 11 kejadian,” cetusnya.

 



loading...

Feeds