Nah Loh! Hasil Seleksi PPDB Online Tahap II, Banyak Kuota Sekolah Tak Terpenuhi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online tahap II untuk SMA Negeri (SMAN) dan SMK Negeri (SMKN) di Sumut, telah diumumkan secara resmi melalui website Dinas Pendidikan Sumut, Selasa (18/7/2017).

Berdasarkan data yang dihimpun dari website tersebut, ternyata masih banyak kuota yang diberikan kepada sekolah tak terpenuhi salah satunya di Medan.

Khusus untuk di Medan pada tahap II ini hanya diikuti oleh SMKN. Sedangkan SMAN tidak mengikuti lantaran kuotanya sudah terpenuhi.

Untuk SMKN di Medan, dari jumlah 14 sekolah yang ada sebanyak 10 sekolah ikut serta dengan total kuota 641 siswa. Namun, dari kuota tahap II ini hanya terpenuhi sekitar 25 persen saja atau 166 siswa yang mendaftar.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis yang dihubungi mengaku, apabila kuota siswa di suatu sekolah tak terpenuhi, maka apa boleh buat. Namun, kata dia, pada prinsipnya yang terpenting proses belajar mengajar tetap berjalan.

“Sistem PPDB yang baru ini dengan penilaian zonasi sangat bagus untuk pemerataan sekolah. Sehingga, sekolah-sekolah yang selama ini jumlah muridnya sedikit bisa meningkat,” akunya.

Disebutkan Arsyad, setelah hasil seleksi diumumkan selanjutnya siswa yang lolos tahap II melakukan daftar ulang. Untuk daftar ulangnya kemungkinan pada hari Rabu (19/7/2017).

“Tahap II (PPDB online) ini digelar karena masih ada kuota sekolah yang belum tercukupi. Karena itu, kebijakan ini merupakan solusinya,” sebut dia.

Kepala SMKN 1 Medan Asli Sembiring mengatakan, pada tahap kedua ini dari satu jurusan yang dibuka penerimaan yaitu Usaha Perjalanan Wisata, kuotanya belum terpenuhi.



loading...

Feeds