Ngeri! 47 Bungkus Daun Ganja Kering Diamankan dari Lapas Anak Tanjunggusta

Ganja

Ganja

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Lagi-lagi peredaran narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) kembali terjadi. Kali ini, peredaran narkoba dibalik jeruji besi tersebut terjadi di Lapas Anak Klas IA Tanjunggusta Medan.‎

Pengendalian narkoba dilakukan seorang narapidana atau napi, Riko Hutagalung (21) warga Medan.

“Untuk barang buktinya sebanyak 47 amplop berisikan daun ganja kering. Riko adalah anak binaan yang sedang menjalani hukuman atas kasus perampokan,” ujar Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Josua Ginting kepada wartawan Selasa (18/7/2017).

‎Peredaran narkoba tersebut terungkap, setelah petugas keamanan lapas melakukan razia rutin pada Minggu (16/7/2017) lalu.

“Kita amankan barang bukti itu dari kamar Riko Blok E No 12,” kata Josua.

Disebutkan dia, dari hasil pemeriksaan Riko mengaku bahwa dirinya menemukan ganja itu di sebuah tong sampah di areal dalam lapas tersebut. Namun, hal itu tidak dipercayakan oleh petugas keamanan.

Kemudian, Riko bersama barang bukti diserahkan kepada pihak kepolisian di Polsek Medan Helvetia guna proses penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

“‎Sudah kita lakukan pemeriksaan internal, tapi dia mengaku cuma menemukan ganja itu di dalam tong sampah areal dalam lapas. Dia enggak mau mengaku barang itu diseludupkan dari mana. Makanya, kita serahkan kepada polisi untuk diusut,” jelas Josua Ginting.

Ia menyatakan, pihaknya akan terbuka bagi polisi melakukan penyidikan kasus narkoba di dalam lapas tersebut.

“Bila ada petugas terlibat, silakan angkat petugas tersebut dan silakan proses hukum. Kita sangat mendukung dan selalu berkerja untuk membersihkan narkoba di dalam lapas,” tukasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds