Transportasi Online di Medan Bakal Diberi Stiker Khusus

ilustrasi
pixabay

ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Keberadaan angkutan berbasis online masih menjadi polemik, termasuk di Kota Medan. Sebab, angkutan jasa yang menggunakan aplikasi tersebut belum mendapatkan izin operasionalnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara (Dishub Sumut) melalui Kepala Bidang Angkutan, Iswar mengatakan, pihaknya telah memproses pengurusan dari sejumlah perusahaan yang ingin mendapatkan izin operasional. Sedangkan untuk aplikasinya sendiri, tidak menjadi urusan dari pihaknya. Sehingga, keberadaan angkutan dimaksud hingga kini belum mengantongi izin operasional.

“Yang kita urus itu izin perusahaan bukan aplikasi. Kalau perusahaannya sudah ada izin silahkan mereka mengurus dan menggunakan aplikasi,” katanya, Selasa (18/7/2017).

Dijelaskannya izin antara perusahaan dengan aplikasinya merupakan dua hal yang berbeda. Jadi, untuk bisa mengoperasikan angkutan berbasis online saat ini harus ada perusahaan yang menaungi. Selain itu, ada proses yang dilalui seperti mengurus speksi.

“Sekarang ini kan aplikasi digunakan secara pribadi bukan perusahaan. Tapi, kalau memang ada badan usaha bekerja sama dengan aplikasi ya tidak masalah. Namun, sekarang sedang proses (perizinan) dan sudah diberikan rekomendasi ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP Sumut),” sebut Iswar.

Dia mengungkapkan, sebagai syarat mendapatkan izin operasional, kendaraan angkutan online berplat hitam nantinya diwajibkan menggunakan tanda khusus seperti stiker. Namun, tentunya setelah sebelumnya melalui tes atau uji kelayakan beroperasi.



loading...

Feeds