Resmi! HTI Korban Pertama Perppu Ormas

HTI

HTI

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akhirnya resmi dibubarkan.

Ini dilakukan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan menggunakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas).

Alhasil, HTI menjadi ormas pertama yang status badan hukumnya dicabut menggunakan Perppu yang diterbitkan pada 10 Juli 2017.
“SK pencabutan badan hukum perkumpulan/ormas HTI merupakan tindak lanjut atas Perppu Nomor 2 Tahun 2017,” kata Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham Freddy Harris dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Menurut Freddy, pencabutan SK badan hukum HTI telah dilaksanakan per hari ini (19/7/2017). Tindakan itu dilakukan karena HTI melakukan upaya atau aktivitas yang tidak sesuai dengan kehidupan ideologi Pancasila dan hukum NKRI.

Pemerintah juga menegaskan bahwa pencabutan SK badan hukum HTI bukanlah keputusan sepihak. Sebab, keputusan itu merupakan hasil dari sinergi di antara instansi-instansi pemerintahan di bidang politik, hukum, dan keamanan.

Freddy menjelaskan, pemerintah tetap menjamin kemerdekaan berserikat, berkumpul dan berpendapat. Caranya adalah dengan mempermudah proses pengesahan badan hukum perkumpulan/ormas.

“Khususnya tidak berseberangan dengan ideologi dan hukum negara di Indonesia,” tambahnya.



loading...

Feeds