Diumpan Seekor Kambing, Diintai Berjam-jam, Buaya Lima Meter Ini Berhasil Ditangkap

Buaya yang ditangkap warga setelah diintai berjam-jam.
foto : Ambon Ekspress/AE/jpg

Buaya yang ditangkap warga setelah diintai berjam-jam. foto : Ambon Ekspress/AE/jpg

POJOKSUMUT.com, USAHA warga yang berdomisili di Desa Tansi Ambon Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) untuk menangkap predator ganas, yaitu buaya besar di daerah mereka berhasil.

Keberadaan buaya dengan ukuran besar dan diyakini jumlahnya sekira tiga ekor ini dinilai sangat mengganggu aktivitas warga saat hendak melaut.

Keresahan itu pula yang memicu warga untuk berupaya menangkap predator ganas ini. Siasat kemudian diatur. Warga memasang perangkap. Mereka hendak menangkap buaya-buaya yang ada di kawasan itu.

Akhirnya pada Sabtu (22/7/2017), dengan peralatan seadanya, mereka memasang perangkap. Mereka membuat pancing dengan menggunakan tali, selang dan kail ukuran besar. Tidak tanggung-tanggung, sebagai umpan dipasang satu ekor kambing. Ada dua nelayan setempat yang “memancing” buaya, yakni Usman Rumasona dan Amir Rumasona.

Usaha warga tidak sia-sia. Sekira pukul 19.30 WIT, buaya dengan panjang 5 meter dan lebar 75 cm berhasil memakan umpan yang dipasang.

 

‘’Jadi pada pukul 18.00 WIT, ada dua nelayan yakni Usman Rumasona dan Amir Rumasona mereka memancing buaya tersebut dengan menggunakan tali, slang, kail ukuran besar dengan menggunakan umpan satu ekor kambing berukuran kecil dan kelelawar. Mereka melepas umpan di sekitar pelabuhan Pertamina. Kemudian, sekira pukul 19.20 WIT buaya tersebut memakan umpan yang ditaruh nelayan tersebut,’’ jelas Kapolres SBT AKBP FX Endriadi kepada Ambon Ekspres (Jawa Pos Group) via selulernya, tadi malam.

 

Buaya yang ditangkap warga setelah diintai berjam-jam.
foto : Ambon Ekspress/AE/jpg

Setelah memastikan buaya memakan umpan itu, lanjut dia, salah satu nelayan naik ke darat untuk memanggil masyarakat guna membantu untuk menarik buaya tersebut ke darat.

‘’Kemudian sekira pukul 21.15 WIT buaya tersebut dapat ditangkap dan dinaikkan ke darat,’’ ungkapnya.

Dijelaskan, selain buaya yang telah berhasil ditangkap, warga meyakini masih ada beberapa buaya lain yang berkeliaran di sekitar muara sungai dan dekat pelabuhan milik pertamina. Namun sangat disayangkan hewan itu langsung dibunuh setelah ditangkap.

“Kalau keterangan warga masih dua ekor lagi. Buaya itu memang meresahkan masyarakat Tansi Ambon, mereka takut melakukan aktifitas melaut. Jadi, masih ada 2 ekor lagi yang belum di dapat, masih berkeliaran di sekitar pantai Tansi Ambon Bula,” tutupnya.
(ERM/AE/jpg/nin)



loading...

Feeds