Bebaskan Tiga Rekan Kami!

Demo yang dilakukan mahasiswa menuntut rekan mereka yang masih ditahan dibebaskan, Jumat (28/7/2017).
foto : ist for pojoksumut

Demo yang dilakukan mahasiswa menuntut rekan mereka yang masih ditahan dibebaskan, Jumat (28/7/2017). foto : ist for pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Konsolidasi Akbar Gerakan Sumatera Utara (KOBAR GERMASU) berunjuk rasa di bundaran Gatot Subroto Medan, Jumat (28/7/2017).

Aksi ini mereka lakukan lantaran menurut tiga mahasiswa yang ditahan polisi karena ikut unjuk rasa pada Hari Pendidikan 2 Mei 2017 lalu di Simpang Kampus USU segera dibebaskan.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah adalah Sier Mensen (mahasiswa USU), serta Fadel dan Vikri (mahasiswa ITM). Saat ini, mereka ditahan di Polrestabes Medan karena dituduh melakukan penganiayaan kepada intel polisi bernama Hendri Joyce yang masuk dalam barisan massa mahasiswa saat demo berlangsung.

Selain itu, ada satu warga lainnya yang tidak terlibat dalam aksi namun kebetulan melintas di lokasi kejadian, yakni Erlangga juga ikut ditangkap.

Sambil membawa spanduk besar, para mahasiswa ini berorasi. Mereka kecewa karena kepolisian menahan rekan-rekan mereka padahal saat demo itu hanyalah murni menyuarakan tentang pendidikan gratis.

Mereka juga mengecam tindakan polisi yang tidak segera merespon, demo yang sudah berkali dilakukan. Mengingat, salah satu mahasiswa yakni Sier Mensen bahkan sempat diopname di RS Bhayangkara Medan selama lebih dari seminggu akibat muntah darah setelah ditahan. Dia diduga mendapatkan perlakuan kasar saat dalam sel.

Sekadar mengingatkan, unjuk rasa puluhan mahasiswa dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Persimpangan Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Dr Mansyur Medan, Selasa (2/5/2017) malam berakhir ricuh.

Aklibatnya, lima pendemo ditangkap petugas kepolisian. Pasalnya, lima pendemo yang disebut-sebut mahasiswa diduga memprovokasi massa hingga terjadi bentrok fisik. Namun hingga kini tiga diantaranya masih ditahan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds