Seharusnya di Sel, Gatot Terlihat di Kualanamu, Ini Penjelasannya

Gatot Pujo Nugroho bersama istri mudanya Evi Susanti . |Foto: Imam Husein/Jawa Pos

Gatot Pujo Nugroho bersama istri mudanya Evi Susanti . |Foto: Imam Husein/Jawa Pos

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Heboh foto mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho di Bandara Kualanamu, padahal sejatinya harus berada di dalam sel dengan status narapidana kasus suap, membuat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM angkat bicara.
Kasubag Publikasi dan Humas Ditjen PAS Kemenkumham Syarpani mengatakan, Gatot berada di Medan karena sedang dipinjam oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk kepentingan pemeriksaan. Namun, kini Gatot sudah dikembalikan ke Lapas Sukamiskin, Bandung.

“Gatot telah dipindahkan kembali ke Lapas Sukamiskin pada Kamis (27/7/2017) oleh KPK,” kata Syarpani dalam keterangannya, Sabtu (29/7/2017) seperti dilansir JPNN (Jawa Pos Group).

Dia menjelaskan, KPK sudah mengajukan surat permohonan kepada Ditjen PAS Kemenkumham untuk meminjam Gatot. Selanjutnya, Gatot ditempatkan di Lapas Medan.

“Permohonan untuk kepentingan pemeriksaan atas kasus yang dihadapi Gatot, sehingga setelah kasus yang bersangkutan selesai pemeriksaannya, maka KPK mengembalikan saudara Gatot ke tempat yang bersangkutan menjalani pidana sebelumnya,” jelasnya.

Syarpani menegaskan, Gatot selama berada di Medan tidak dibiarkan sendiri. Sebab, ada jaksa KPK bernama Leo Manalu yang selalu mengawal politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Gatot kini menjadi terpidana untuk dua perkara. Yakni perkara korupsi dana hibah dab bantuan sosial APBD Sumut 2012-2013. Sedangkan perkara lainnya yang menjerat Gatot adalah menyuap DPRD Sumut periode 2009-2014 untuk meloloskan pertanggungjawaban APBD.(mg4/jpnn/nin)



loading...

Feeds