Aturan Pengelola Parkir Wajib Ganti Kendaraan Hilang, Tidak untuk yang di Tepi Jalan

Parkir di pinggir jalan
foto : pixabay

Parkir di pinggir jalan foto : pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Terkait aturan parkir yang mewajibkan setiap kendaraan hilang di lokasi parkir resmi diganti oleh pengelola, ternyata tak berlaku bagi kendaraan yang parkir di tepi jalan.

Hal itu berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) lewat Peninjauan Kembali (PK) tertanggal 21 April 2010, di mana setiap penyedia layanan parkir wajib mengganti kendaraan yang hilang dengan sejumlah uang senilai kendaraan yang hilang tersebut.

“Kehilangan kendaraan baik roda dua dan roda empat di lokasi parkir resmi, tidak termasuk barang bawaan masyarakat. Aturan ini juga tidak berlaku untuk parkir tepi jalan,” ungkap anggota DPRD Kota Medan, Herri Zulkarnain, Senin (31/7/2017).

Diutarakannya, penerapan aturan ini tentu bagus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Tujuannya, agar pengelola parkir tidak berdalih tapi bertanggung jawab penuh mulai sekarang.

Baca : PENTING! Pengelola Parkir Wajib Ganti Kendaraan Hilang

Dia menambahkan, jika pengelola parkir tidak mau bertanggung jawab atas kehilangan kendaraan masyarakat atau konsumen, dapat melakukan gugatan melalui dasar putusan MA tersebut.

“Ya, dilaporkan saja dan bisa digugat. Karena mulai sekarang pengelola parkir tidak lagi bisa beralasan bahwa kehilangan ditanggung pengendara,” tukasnya.



loading...

Feeds