Pemprovsu Harus Perjuangkan Harga Gabah, Minimal Rp4.500/kg

Gabah
foto : pixabay

Gabah foto : pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Anjloknya harga beli gabah kering panen (GKP) di sejumlah daerah Sumatera Utara (Sumut), membuat para petani menjerit. Pasalnya, harga pembelian pemerintah (HPP) terhadap gabah tersebut hanya Rp3.700/kg. Padahal, sebelumnya mencapai Rp4.300-Rp4.500/kg.

Menurut Wakil Ketua Masyarakat Agribisnis Indonesia (MAI) Sumut Syahri Syawal Harahap, jika kondisi ini terus berlangsung dalam waktu yang lama bukan tidak mungkin petani akan gulung tikar. Sebab, mereka tak mendapatkan keuntungan.

“Pemprovsu (Pemerintah Provinsi Sumatera Utara) harus memperjuangkan nasib para petani padi di Sumut. Kalau tidak begitu, kesejahteraan petani terancam. Bisa-bisa, petani tidak akan mau menanam lagi karena rugi,” ungkap Syahri yang dihubungi, Selasa (1/8/2017).

Diutarakannya, kebijakan penetapan harga beras medium dan premium sebesar Rp9.000/kg, imbasnya sangat besar sekali terhadap para petani. Dengan kebijakan itu, otomatis sudah tentu pebisnis padi menurunkan harga beli gabah.

“Kalau dengan harga beli gabah Rp3.500/kg, apalagi yang mau didapat dari petani. Makanya, petani padi tidak ada yang mau memanen karena mereka jelas-jelas mengalami rugi total. Kalaupun ada, itu terpaksa karena alasan ekonomi,” tutur Syahri.

Menurut dia, boleh saja harga beras ditetapkan Rp9.000/kg tapi asalkan dipikirkan juga dampaknya terhadap petani. Dengan kata lain, Pemprovsu atau gubernur memikirkan bagaimana agar harga gabah dinaikkan bukan malah diturunkan.

“Subsidi terhadap pupuk selama ini tidak terlalu diperlukan oleh para petani. Namun, yang perlu adalah subsidi kepada harga gabah. Artinya, ada kompensasi harga gabah kepada petani dari diberlakukannya penetapan harga beras medium dan premium,” cetusnya.



loading...

Feeds

Ashanty dan Anang Kuda-kudaan

"Iya nih bunda ketakutan banget. Akhirnya tukaran kuda. Punyaku ditunggangi bunda, punya Azriel aku yang pakai. Seru banget sih berkuda," …

Taylor Swift Pensiun dari Medsos?

Pekan ini dia baru menjadi berita lagi setelah memenangkan kasus gugatan pelecehan seksual yang dilakukan David Mueller. Mari tunggu kejutan …