Pangeran Inggris Dilarang Kenakan Celana Panjang sebelum Usia 8 Tahun, Ini Sebabnya…

Pangeran George menemani Pangeran William di acara Royal International Air Tattoo, Fairford, Inggris, 12 Juli (kiri) dan bersama orang tuanya mengunjungi Berlin, Jerman, sepekan kemudian (kanan). (Foto-Foto: AP PHOTO-FIle)

Pangeran George menemani Pangeran William di acara Royal International Air Tattoo, Fairford, Inggris, 12 Juli (kiri) dan bersama orang tuanya mengunjungi Berlin, Jerman, sepekan kemudian (kanan). (Foto-Foto: AP PHOTO-FIle)

POJOKSUMUT.com, JIKA Anda perhatikan sekian banyak foto Pangeran George yang beredar, tak pernah sekalipun bocah empat tahun itu terlihat mengenakan celana panjang.

Bahkan pada musim dingin.

Putra pertama Pangeran William dan Kate Middleton tersebut memang dilarang bercelana panjang. Sebab, dia masih tergolong anak-anak.

Nanti, ketika genap berusia 8 tahun, George dianggap sudah menjadi lelaki sesungguhnya. Saat itulah dia boleh mengenakan celana panjang.

’’Memakaikan celana pendek kepada bocah lelaki adalah sesuatu yang sangat Inggris,’’ kata William Hanson, pakar etika, sebagaimana dilansir Harper’s Bazaar akhir pekan lalu.

Celana panjang hanya dikenakan bocah lelaki berusia minimal 8 tahun. Sebelum mencapai batas tersebut, tidak ada pilihan bagi kanak-kanak dan bocah lelaki selain celana pendek. Namun, aturan itu hanya berlaku bagi keluarga kerajaan dan aristokrat.

Bagi warga biasa, tidak ada aturan seperti itu. Etika berpakaian bagi penduduk Inggris, baik lelaki maupun perempuan, jauh lebih bebas ketimbang mereka yang berdarah biru. Dulu seluruh bayi ningrat bahkan harus mengenakan gaun tanpa peduli jenis kelamin mereka. Bayi-bayi kerajaan dan kaum bangsawan memakai gaun sampai menginjak usia 2 tahun. Kini gaun untuk bayi hanya dikenakan dalam sakramen baptis.

’’Meski zaman sudah berubah, memakaikan celana panjang kepada bocah lelaki masih terkesan tidak elegan. Itu identik dengan masyarakat kelas menengah ke bawah atau masyarakat pinggiran. Duchess of Cambridge jelas tidak mau putranya terlihat seperti itu,’’ papar Hanson. Apalagi, dulu William dan adiknya terus-terusan mengenakan celana pendek sebelum berusia 8 tahun.

Pekan lalu, bertepatan dengan peringatan kematian Lady Diana, foto-foto William dan Pangeran Harry kecil bertebaran di media massa. Dalam foto-foto tersebut, penampilan William dan Harry sama dengan George sekarang. Yakni, bercelana pendek. ’’Foto-foto masa kecil itu membuat saya tak bisa berhenti tertawa,’’ ucap Harry dalam program khusus stasiun televisi ITV untuk mengenang mendiang Putri Diana.

Dalam acara formal atau nonformal dan apa pun atasan yang dikenakan, William dan Harry kecil terpaksa selalu memamerkan lutut mereka. Sebab, bawahan yang mereka pakai selalu celana pendek. Karena itulah, George yang beberapa waktu lalu ikut orang tuanya melawat Kanada banjir perhatian. Saat itu suhu udara di Kanada sangat dingin dan George tetap bercelana pendek.

’’Begitu memakai celana panjang, bocah-bocah lelaki itu bakal langsung merasa sudah jauh lebih dewasa,’’ ungkap Ingrid Seward, editor majalah Majesty.

Selain celana panjang, kaus kaki ternyata punya arti tersendiri. Bagi bayi dan kanak-kanak, padanan wajib celana pendek adalah kaus kaki panjang. Namun, George yang masuk tahun terakhir masa balitanya boleh mulai memakai kaus kaki pendek sejak bulan lalu. (people/harpersbazaar/vanityfair/hep/c14/any/jpg)



loading...

Feeds