Unpab Usulkan Olahraga Gateball Masuk Pomnas 2017

Ketua Pengprov Gateball Sumut Paul Ames Halomoan, Ketua Umum KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, Ketua Bapomi Sumut HM Isa Indrawan yang juga Rektor Unpab, dan Rektor III Unpab Samrin diabadikan bersama anggota Gateball Club Unpab, di Lapangan Sepakbola Panca Budi Medan, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan. (ist)

Ketua Pengprov Gateball Sumut Paul Ames Halomoan, Ketua Umum KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, Ketua Bapomi Sumut HM Isa Indrawan yang juga Rektor Unpab, dan Rektor III Unpab Samrin diabadikan bersama anggota Gateball Club Unpab, di Lapangan Sepakbola Panca Budi Medan, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan. (ist)

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan menjadi perguruan tinggi pertama di Provinsi Sumatera Utara yang meresmikan komunitas cabang olahraga (cabor) Gateball.

Komunitas bernama Gateball Club Unpab itu diresmikan di Lapangan Sepakbola Panca Budi Medan, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan, Kamis (3/8/2017).

Ketua Pengprov Gateball Sumut Paul Ames Halomoan dalam sambutannya mengatakan, saat ini Pengprov Gateball dan Bapomi sedang memperjuangkan agar gateball menjadi cabor eksebisi di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) Makassar 2017 mendatang. Jika lolos, Paul berharap tim yang baru dibentuk di Unpab dapat terpilih menjadi atlet mewakili kontingen Sumut di Pomnas Makassar 2017 nanti.

“Karenanya baik Pengprov, KONI, Bapomi dan Rektor Unpab mengharapkan para calon atlet dapat mempersiapkan diri dengan berlatih secara intensif meskipun tinggal menyisakan waktu dua bulan lagi,” kata Paul.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bapomi Sumut Dr HM Isa Indrawan menceritakan sekilas tentang gateball, yakni jenis olahraga yang dicetuskan oleh Eiji Suzuki di Hokaido Jepang pada tahun 1947. Termasuk, olahraga yang unik dimainkan secara bersamaan antara tujuan rekreasi dan prestasi. Karena olahraga ini tidak membedakan usia dan gender serta merupakan olahraga yang aman tidak terlalu memerlukan banyak tenaga, tidak ada kontak fisik dan dimainkan dipermukaan tanah.

Gateball menggunakan pemukul (stick), dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri dari 5 pemain, dengan 5 bola. Tim pertama dengan bola berwarna merah, masing-masing bola bernomor ganjil 1, 3, 5, 7, dan 9. Sedangkan tim kedua dengan bola berwarna putih bernomor genap 2, 4, 6, 8, dan 10. Setiap pemain masing-masing memiliki 1 bola yang telah ditentukan.

Gateball dimainkan di lapangan terbuka berumput atau lapangan tertutup dengan rumput sintetis, tidak ada rintangan (sampah, batu, dll), datar persegi panjang dengan ukuran 15×20 m atau 20×25 m (umum digunakan 15×20 m).

“Olahraga ini termasuk baru di Indonesia, namun peminatnya sudah mulai terlihat banyak. Sekilas memang mirip dengan golf namun jika kita mainkan beda sekali dengan olah raga golf. Bahkan peralatan dan biaya pun beda jauh,” ungkap Isa Indrawan yang juga rektor Unpab.

Dia menambahkan, mendukung sepenuhnya pembentukan klub-klub gateball di kampus-kampus di Sumut. Sehingga, daerah ini nantinya menjadi kiblat prestasi caor gateball di Indonesia.

Peresmian Gateball Club Unpab dihadiri langsung Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Gateball Sumut Paul Ames Halomoan, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut Jhon Ismadi Lubis, Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sumut HM Isa Indrawan yang juga Rektor Unpab, Rektor III Unpab Samrin, Direktur Program Pascasarjana Unpab H Kasim Siyo, Ketua Kontingen Sumut untuk Pomnas di Makassar  Irwan Jasa Tarigan, Kepala Bidang Kemahasiswaan Unpab Adian Hakim  dan anggota Gateball Club Unpab.

(fir/pojoksumut)



loading...

Feeds