Ini Penjelasan Perusahaan/Koperasi Soal Driver Taksi Online Harus Bayar Rp2 Juta

Taksi
pixabay

Taksi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pihak perusahaan/koperasi yang diberi legalitas oleh Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut), mengakui adanya biaya yang harus dikeluarkan oleh driver angkutan taksi online.

Biaya yang dibebankan itu sebagai administrasi supaya dapat memiliki legalitas driver angkutan berbasis aplikasi dalam mengangkut penumpang.

“Beberapa persyaratan harus dipenuhi ketika sopir taksi online ingin mendaftar. Syaratnya sama seperti ketika melamar ke Grab, yakni SKCK, KTP, SIM, STNK, KK. Selain itu, juga harus membayar biaya perizinan, uji kir dan sertifikasi dengan total Rp2 juta,” ujar Novi dari pihak PT Rahayu Medan Ceria saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Jumat (4/8/2017).

Disebutkannya, biaya itu harus dibayar ketika mendaftar. Namun, kalau belum ada uang bisa mendaftar dulu dan nanti setelah dilunasi baru diberitahu jadwal uji kir.

“Biasanya dua hari setelah pelunasan baru diberitahu jadwalnya. Kalau bisa daftar dulu, karena tempatnya terbatas,” ucap Novi.

Tak hanya itu, sambungnya, sopir taksi online juga diwajibkan membayar iuran sebesar Rp175 per minggu. Namun, untuk iuran ini sedang diupayakan agar ditiadakan.

“Untuk iuran sedang diusahakan tidak bayar. Tapi, sebagai gantinya mobil dipasangi iklan. Namun, ini masih akan dibahas lebih jauh dan diusahakan agar tidak bayar iuran,” katanya.

Tak jauh berbeda dengan Koperasi Reha Sakti Bersama. Malahan, koperasi ini membebankan biaya hingga Rp2,5 juta.

“Uang pendaftaran Rp250 ribu, uang perizinan Rp2,5 juta,” ujar Andi Nugraha dari pihak Koperasi Reha Sakti Bersama ketika dihubungi pada waktu yang berbeda.



loading...

Feeds

Ashanty dan Anang Kuda-kudaan

"Iya nih bunda ketakutan banget. Akhirnya tukaran kuda. Punyaku ditunggangi bunda, punya Azriel aku yang pakai. Seru banget sih berkuda," …

Taylor Swift Pensiun dari Medsos?

Pekan ini dia baru menjadi berita lagi setelah memenangkan kasus gugatan pelecehan seksual yang dilakukan David Mueller. Mari tunggu kejutan …