Sumut Memasuki Rezim Inflasi Rendah

ilutrasi
pixabay

ilutrasi pixabay

POJKSUMUT.com, MEDAN-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah memasuki rezim inflasi rendah. Dalam kurun waktu tahun berjalan, Sumut merealisasikan deflasi di tahun 2017 ini.

Demikian halnya dengan nasional, per tahunnya tidak jauh berbeda dengan Sumut di bawah 4% dan ini realisasi yang sangat baik.

“Upaya menekan inflasi ini akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang, khususnya terkait dengan suku bunga acuan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi,” ujar pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin, Senin (7/8/2017).

Menurutnya, dengan laju tekanan inflasi yang rendah diharapkan akan ada penurunan pada suku bunga simpanan. Tetapi, inflasi belum sepenuhnya menjadi indikator yang kuat dalam merubah besaran suku bunga simpanan. Sehingga, suku bunga kredit bisa ditekan lagi.

“Dengan inflasi yang kecil, tentunya daya saing diharapkan bisa naik. Namun belum sepenuhnya demikian, karena di sisi lain pasar uang justru ada perebutan dana dengan biaya yang lebih mahal,” sebut Gunawan.

Ia menambahkan, sekalipun Sumut inflasinya kecil belum tentu akan mendapatkan manfaat secara langsung khususnya dari besaran suku bunga. Meskipun, tetap ada faedah lainnya yakni inflasi yang rendah mampu menjaga daya beli masyarakat. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Resmi Menjanda Lagi, Musdalifah Bersyukur

POJOKSUMUT.com, MUZDALIFAH harus menerima kenyataan kembali berstatus janda. Pun demikian, dia mengaku bersyukur setelahPengadilan Agama Tangerang telah mencabut status pernikahannya …

Babak I : PSMS Vs Persita : 0-0

Dua menit kemudian, gelandang serang Persita Henry Rivaldi kembali lolos dari kawalan pemain PSMS, mampu melepaskan tendangan keras namun melenceng …