Tiga Tahun Lalu, DL Sitorus Sudah Pesan Peti Mati, Seperti Ini Bentuknya

Peti mati yang sudah dipesan DL sejak tiga tahun lalu.
foto : IST

Peti mati yang sudah dipesan DL sejak tiga tahun lalu. foto : IST

POJOKSUMUT.com, TOBASA-Jenazah Raja Perkebunan, DL Sitorus, rencananya akan dimakamkan, Jumat pekan ini di pekamanan keluarga almarhum di Parsambilan, Desa Cinta Damai, Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Rencananya, Senin (7/8/17) ini, jenazah akan diberangkatkan dari Jakarta menuju Bandara Silangit, Tapanuli Utara (Taput). Selanjutnya akan dibawa ke rumah duka di Ruma Parsaktian keluarga almarhum di Desa Cinta Damai, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Monang Sitorus, kerabat almarhum DL menjelaskan hari ini jenazah akan diberangkatkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma dengan Sriwijaya Air menuju Bandara Silangit. “Keberangkatan sekitar pukul 12.00 WIB. Diperkirakan tiba di bandara Silangit sekitar pukul 14.00 WIB,” ujarnya.

Mantan Bupati Tobasa menjelaskan setelah tiba di Bandara silangit, akan langsung berangkat menuju ruma Parsaktian. Di sana akan digelar berbagai acara adat seperti mangarapot, mompo dan acara adat lainnya sebagaimana layaknya adat Batak dalam upacara pemakaman orang meninggal.

“Untuk acara pemakaman, dijadwalkan Jumat di pekamanan keluarga almarhum di Parsambilan, Desa Cinta Damai. Sebelumnya akan digelar acara adat mangarapot, mompo, selanjutnya manuan oppu-oppu,” katanya.

Monang menceritakan, di rumah duka di Jakarta Barat, juga sudah digelar berbagai acara dan sebagian besar adalah acara kebaktian. Minggu kemarin ada acara kebaktian. Kemudian paulak tukang (memulangkan tukang). Itu tukang khusus yang menempah peti mati atau dalam bahasa Batak disebut abal-abal. Pekerjanya marga Panjaitan, merupakan panggorga (pengukir) yang tinggalnya di Lampung.

“Sebenarnya, abal-abal ini sudah lama almarhum pesan khusus. Abal-abal ini terbuat dari sebatang kayu utuh yang dipahat menjadi peti. Kemudian semua dinding abal-abal dibuat gorga,” katanya.



loading...

Feeds

Ashanty dan Anang Kuda-kudaan

"Iya nih bunda ketakutan banget. Akhirnya tukaran kuda. Punyaku ditunggangi bunda, punya Azriel aku yang pakai. Seru banget sih berkuda," …

Taylor Swift Pensiun dari Medsos?

Pekan ini dia baru menjadi berita lagi setelah memenangkan kasus gugatan pelecehan seksual yang dilakukan David Mueller. Mari tunggu kejutan …