115 Pengidap HIV/AIDS di RSUD Dr Pirngadi, 12 Meninggal Dunia

ilustrasi : PIXABAY

ilustrasi : PIXABAY

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Bahaya Human Immuno Deficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) masih menghantui warga Medan sekitarnya.

Setidaknya, dari catatan pasien yang datang memeriksakan diri dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi, ada 12 pasien yang akhirnya meninggal dunia.

Kabag Humas RSUD dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin menjelaskan sejak Januari hingga Juli 2017 terdata ada 115 pasien baru, 12 diantaranya meninggal dunia.

Edison menambahkan, dari 12 yang meninggal tersebut faktor risikonya berasal diantaranya dari hubungan seksual Lelaki Suka Lelaki (LSL) dan hubungan seksual lainnya termasuk dengan wanita pekerja seks (WPS).

Sedangkan, laki-laki menjadi pengidap HIV/AIDS terbanyak dengan 103 orang. “Pasien yang datang memeriksakan diri dan dirawat paling banyak pada usia 20-an dan 30-an. 115 orang yang terdata di kami tersebut berasal dari Medan dan daerah-daerah lainnya,” ujarnya, Selasa (8/8/2017) saat ditemui di RSUD dr Pirngadi Medan.

Sementara itu, Pembina Yayasan Medan Plus, Eban Totonta Kaban yang dihubungi terpisah menjelaskan tingginya temuan kasus HIV AIDs di Sumatera Utara karena kesadaran pasien yang memeriksakan dirinya ke Klinik Voluntary Counseling Test (VCT) juga tinggi.

“Artinya program pencegahan HIV itu tinggi. Karena kasus itu sudah ditemukan. Jadi pasien sadar untuk memeriksakan dirinya ke Klinik VCT,” kata Eban Totonta Kaban.



loading...

Feeds