Abu Bakar Ba’asyir Dilarikan ke RS Jantung Harapan Kita

Ustad Abu Bakar terpaksa dilarikan ke rumah sakit.
foto : Istimewa/Rmol/jpg

Ustad Abu Bakar terpaksa dilarikan ke rumah sakit. foto : Istimewa/Rmol/jpg

Ikut dalam konpers tersebut, anak ABB, Abdul Rohim (Iim), kuasa hukum Achmad Michdan serta salah satu Presidium MER-C, Arief Rahman. Menurut Iim, pihaknya memang meminta secara langsung ke MER-C untuk memantau kesehatan ABB. Mengingat saat ini, ABB berusia lanjut dengan kondisi kesehatan yang terus menurun.

“Beliau kan sudah memasuki usia 80 tahun. Jadi, butuh pemantauan dokter terkait kesehatan beliau. Saat itu, kami tidak tahu dokter yang sanggup bisa laksanakan pemantauan secara intensif. Bolak balik, berhadapan dengan petugas. Lalu, kamis lihat MER-C sudah biasa,” urainya.
Sebelumnya, ABB dikabarkan dirujuk dari Gunung Sindur ke RS-JHP, Rabu (9/8/2017) lalu. ABB dilaporkan lemas dan kondisi kakinya bengkak.

Untuk diketahui, ABB divonis penjara selama 15 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tahun 2011 lalu.

Majelis hakim menilai Amir Jamaah Anshorud Tauhid atau JAT itu, terbukti terlibat pelatihan militer kelompok teroris di Aceh. Menurut hakim, Ba’asyir terbukti melakukan pidana dalam dakwaan subsider dengan Pasal 14 Jo Pasal 7 UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Terorisme.

Dalam uraian putusan, Ba’asyir dinilai terbukti merencanakan atau menggerakkan pelatihan militer bersama Dulmatin alias Yahyah Ibrahim alias Joko Pitono. Perencanaan itu dibicarakan keduanya di salah satu ruko di dekat Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki di Solo, Jawa Tengah, pada Februari 2009.

Selain itu, hakim menilai Ba’asyir terbukti menghasut untuk melakukan perbuatan teror. Hasutan itu diwujudkan para peserta pelatihan dengan melakukan penyerangan dengan senjata api kepada polisi dan fasilitas umum. Penyerangan itu, menurut hakim, telah menimbulkan suasana teror di masyarakat. (zul/RMOL/jpg/nin)



loading...

Feeds