Ombusdman Rekomendasi Kedua Siswa Mampu SMA Negeri 1 Segera Dipindah

SMA Negeri 1 Medan
foto : smansa91.org

SMA Negeri 1 Medan foto : smansa91.org

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Terkait dua siswa SMA Negeri 1 Medan NTN dan MIT, yang lolos seleksi jalur Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) atau miskin padahal mampu secara ekonomi, Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) merekomendasi agar keduanya segera dipindahkan.

Untuk itu, Dinas Pendidikan Sumut harus memfasilitasi pihak sekolah.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar mengatakan, kedua siswa tersebut jangan dibiarkan tetap berada di sekolah itu. Sebab, dampaknya sangat tidak baik bagi mereka ke depannya.

“Kalau kedua murid itu dibiarkan atau bertahan di sekolah itu sementara publik sudah mengetahuinya, maka hal itu sama saja mempertontonkan kepada siswa lain atau masyarakat terhadap pembiaran pelanggaran hukum. Untuk itu, ini harus segera diselamatkan dengan mengeluarkan atau memindahkannya ke sekolah swasta yang difasilitasi oleh Disdik Sumut,” ungkap Abyadi, Senin (14/8/2017).

Menurutnya, pendidikan di negara ini harus mengajarkan masyarakat untuk mengerti hukum. Tidak terlepas juga kedua siswa itu. “Anak-anak juga harus diberikan edukasi atau pemahaman, kalau memang salah akan ada hukuman atau sanksinya,” tutur Abyadi.

Dia menyatakan, kalau persoalan ini dibiarkan tentunya memberikan contoh yang tidak baik kepada generasi penerus bangsa. Kalau dibiarkan, apa jadinya masa depan negara ini.

“Dunia pendidikan saat ini sedang memperbaiki diri, maka jangan dikotori oleh cara-cara seperti itu. Jadi, janganlah memberi contoh yang tidak baik kepada rakyat apalagi berstatus aparat hukum negara,” cetus Abyadi.

Disinggung kapan disampaikan rekomendasi secara resmi kepada Disdik Sumut, Abyadi mengaku akan segera mungkin dalam waktu dekat. Sehingga, persoalan ini bisa cepat selesai dan tidak berlarut-larut.

“Kita sedang susun surat rekomendasinya secara resmi. Dalam minggu ini mudah-mudahan selesai dan kita sampaikan,” katanya.

Sementara, Kepala SMA Negeri 1 Medan Hj Safrimi melalui Humas Buang Agus menyatakan, pihak sekolah tidak bisa mengambil keputusan untuk mengeluarkan kedua siswa. Kata dia, semua keputusan ada di Dinas Pendidikan Sumut.

Dia mengaku, dari awal pihaknya sudah menjelaskan bahwasanya tidak layak menggunakan jalur miskin karena khusus bagi orang tidak mampu. Akan tetapi, karena membawa surat miskin sehingga mau tidak mau tak bisa menolak.

“Karena persyaratan sudah dipenuhi (surat keterangan miskin) yang dikeluarkan Dinas Sosial, kita tidak bisa berbuat apa-apa,” tuturnya.



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.