Produk Halal Sumut Didorong Masuk Pasar Asia Pasifik

ilustrasi
foto : net

ilustrasi foto : net

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Berbagai produk halal di Sumut didorong untuk memasuki pasar di kawasan Asia Pasifik. Sebab, potensi pasar di kawasan itu cukup menjanjikan.

Menurut Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) H Muhammad Isa Indrawan, Sumut berpeluang menggarap pasar produk halal di Asia. Ini sejalan dengan meningkatnya permintaan produk halal dari konsumen di Tiongkok, Taiwan, Jepang, HongKong, Malaysia, Brunei, Singapura, Korea Selatan, Filipina, dan Thailand.

“Sudah saatnya produk halal Sumut bersaing memasuki pasar potensial, terutama di wilayah Asia Pasifik. Hal ini mengingat lebih dari setengah populasi muslim dunia berpusat di Asia, sehingga Taiwan menjadi hubungan sangat penting untuk Asia Pasifik dalam mempromosikan produk halal,” ujar Isa Indrawan di Kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan disela-sela peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI, Kamis (17/8/2017).

Doktor ilmu ekonomi ini berharap, pelaku usaha dapat meningkatkan citra produk halal Sumatera Utara dikancah internasional. Begitu juga pemerintah terus berkomitmen memperluas pasar produk halal yang kompetitif di dunia.

BPS mencatat, neraca perdagangan nonmigas Indonesia ke Taiwan pada tahun 2016 mengalami surplus sebesar US$514,5 juta.

Indonesia merupakan negara urutan ke-15 pemasok produk makanan olahan ke pasar Taiwan setelah Italia, Singapura, Jerman, Australia, dan Vietnam. Sementara, untuk produk kosmetik, pasokan dari Indonesia berada di posisi ke-20 setelah Jepang, Prancis, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Cina.

“Sebanyak 20 persen koperasi ASEAN saat ini sudah tersertifikasi halal dari sejumlah lembaga Islam. Adapun sejumlah produk halal yang dipasarkan koperasi tersebut mayoritasnya berupa makanan dan produk konveksi dengan konsumennya masyarakat internasional,” sebut Isa.



loading...

Feeds

Nias Barat Diguncang Gempa

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 20.17 WIB dengan berkekuatan 4,2 Skala …