Ssst…Ini Ternyata Percakapan Rahasia Presiden Jokowi dengan Boru Purba Pembawa Baki

Ruth Cheline Eglesya Purba, siswi SMA Negeri 2 Binjai, jadi pembawa baki bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017).
foto : Fatimah Laurens/JPNN.com/JPG

Ruth Cheline Eglesya Purba, siswi SMA Negeri 2 Binjai, jadi pembawa baki bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017). foto : Fatimah Laurens/JPNN.com/JPG

POJOKSUMUT.com, NAMA Ruth Celine Eglesya Purba seketika menjadi perbincangan sejak bertugas menjadi pembawa baki bendera merah putih dalam upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017) petang.

Dan, menjadi semakin dibicarakan saat Presiden Joko Widodo membuka cerita menarik yang menurutnya sebuah rahasia. Ya, rahasia yang ternyata hanya dia dan Ruth yang tahu.

Saat acara silaturahmi dengan Teladan Nasional dan Paskibraka 2017 di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/8/2017), Jokowi-sapaan presiden mengungkap bahwa dirinya sempat lupa ketika Ruth mengembalikan bendera.

Sebab, dirinya hanya ingat proses gladi resik pagi hari saat penyerahan bendera kepada pembawa baki.

“Jadi waktu sampai di depan kemudian pembawa bendera, Ruth dari Sumut, naik ke atas. Saya bisik-bisik ke Ruth saat itu tapi enggak ada yang dengar kan. Ada yang dengar gak? enggak ada,” ucap Jokowi, meyakinkan bahwa tidak ada yang mengetahui kejadian itu kecuali dia dan siswi SMAN 2 Binjai itu.

“Ruth ini ngambilnya bendera apa dengan bakinya? Saya inget-inget, ingatnya dengan baki kuningnya. Sudah saya ambil tuh. Ruth bisik-bisik ke saya “Bapak hanya benderanya saja”, ya saya ganti sudah,” ungkap Jokowi, disambut tawa peserta silaturahmi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini meyakinkan bahwa tidak ada yang mengetahui peristiwa singkat itu, kecuali dia dan Ruth. Untuk memastikan, dia bahkan menanyakan kepada Wapres Jusuf Kalla, apakah mengetahuinya atau tidak.

“Kalau ada yang tahu silakan maju. Ada yang tahu. Gak apa-apa kalau ada yang tahu. Pak Wapres tahu, gak tahu. Pak wapres yang dekat saya saja ndak tahu, masa yang lain ngomong tahu,” tutur mantan wali kota Surakarta.

Namun demikian, Jokowi bersyukur karena secara umum upacara peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan ke-72 berjalan baik.(fat/jpnn/nin)



loading...

Feeds