Waduh! 66 Narkotika Jenis Baru Beredar di Indonesia

Kepala BNN, Komjen Budi Waseso. file pojoksatu.id

Kepala BNN, Komjen Budi Waseso. file pojoksatu.id

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Bahaya narkoba makin mengerikan. Bahkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Budi Waseso mengungkapkan, di dunia ada laporan 800 narkotika jenis baru.

Fakta ini membuat BNN bersama Kepolisian, Kementerian Kesehatan, Bea Cukai dan BPOM terus intensifkan penanganan narkotika ini.

Adapun narkotika jenis baru yang beredar di Indonesia ada 66 macam. Budi Waseso mengatakan 60 macam sudah masuk dalam hukum Narkotika atau Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Sedangkan yang enam macam sedang dalam pemeriksaan.

“Ini (yang enam macam) dalam proses pemeriksaan laboratorium, ini ada BPOM, Kesehatan nanti juga ada dari Kepolisian. Jadi yang enam puluh ini sudah bisa ditindak. Enam sedang dalam proses ya,” ujar Kepala BNN di Jakarta Timur, Selasa (22/8/2017).

Pria yang biasa dipanggil Buwas ini mengatakan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek beberapa waktu lalu akan mengambil langkah-langkah strategis sehingga jenis-jenis narkotika apapun atau barang baru apapun yang berdampak seperti halnya narkotika jenis sekarang maka akan dikomunikasikan dalam undang-undang kesehatan.

Terkait pencegahan meluasnya penggunaan narkotika jenis baru ini BNN akan melakukan berbagai upaya. Kemudian setiap hari juga anggota BNN terus bekerja di lapangan.
“Pencegahannya, kami mengedukasi masyarakat, mengawasi dari Kementerian Industri, Perdagangan, Pertanian, Bea cukai semuanya,” terangnya.

“Makanya kita meminta masyarakat waspada, kita juga beritahukan kepada Bupati, Gubernur dan lainnya,” tutupnya. (jaa/jpg/nin)



loading...

Feeds