Cuma Imbangi Vietnam, Timnas Belum Pastikan Tiket Semifinal

 Hanif Sjahbandi diganjar kartu merah usai ketahuan menyikut wajah pemain Vietnam dalam perebutan bola. (Hendra Eka/Jawa Pos)

Hanif Sjahbandi diganjar kartu merah usai ketahuan menyikut wajah pemain Vietnam dalam perebutan bola. (Hendra Eka/Jawa Pos)

 

POJOKSUMUT.com, Indonesia harus puas dengan satu poin, usai menahan imbang Vietnam 0-0 dalam laga Grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8) malam.

Bertanding di Stadion MP Selayang, Selangor, Timnas U-22 harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-60 setelah Hanif Sjahbandi kena kartu kuning yang kedua.

Dalam laga ini, Indonesia memang lebih banyak bermain bertahan dibandingkan dengan Vietnam. Gaya main setengah parkir bus dan menunggu membuat pemain-pemain Vietnam leluasa memainkan bola dan masuk ke daerah Indonesia.

Vietnam yang menerapkan taktik full press tidak memberikan ruang sedikit pun bagi Hansamu Yama Pranata dkk saat menguasai bola. Mereka menerapkan pressing ketat, karena itu Indonesia akhirnya banyak melakukan kesalahan passing saat terus ditekan.

Dalam babak pertama, Indonesia hanya mendapatkan dua kesempatan emas. Pertama dari sepakan Hargianto dari luar kotak penalti yang sedikit menyamping. Kemudian, Septian David Maulana shootingnya masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam.

Vietnam sangat mengancam di menit akhir yang dilakukan oleh oleh Vu Vanh Tanh lewat sundulannya. Beruntung, kiper Indonesia Satria Tama sukses membuang bola keluar.

Pada babak kedua, Indonesia memang tak banyak melakukan perubahan taktik. Mereka tetap mengandalkan serangan dari sayap, walaupun terus menerus gagal.

Praktis Hansamu Yama dkk lebih banyak mengandalkan serangan balik. Saat momen menyerang itulah, Hanif yang membawa bola sempat memukul sambil setengah berlari kepada muka pemain Vietnam. Alhasil wasit pun memberi kartu kuning kedua, yang sebelumnya telah diterima pada babak pertama.

Bermain dengan sepuluh orang, otomatis Indonesia parkir bus. Semua pemain turun, dan Marinus Manewar yang menjadi pemain pilihan untuk naik turun di lini depan.

Setelah serangan bertubi-tubi, Indonesia sempat kebobolan dua kali tapi dianggap offside oleh wasit pemain Vietnam yang menceploskan bola.

Kemudian, di akhir laga saat masa injury time, Kiper pengganti Kurniawan Kartika Ajie benar-benar tampil memukau dan mampu mengagalkan peluang 99. Persen gol Vietnam. Skor imbang beftahan sampai laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia mengoleksi tambahan satu poin dan mengumpulkan poin delapan dari empat laga, dua kali imbang dan dua kali menang. Peluang lolos ke semifinal masih terjaga, dengan syarat harus menang melawan Kamboja di laga terakhir.

Sementara Vietnam masih di puncak klasemen dengan poin sepuluh, hasil dari tiga kali menang dan sekali imbang.
(dkk/jpnn/sdf)



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.