Gara-gara Ini, Karnaval Pesona Danau Toba 2017 Diundur

Presiden Jokowi saat mengenakan topi adat batak di acara Karnaval Pesta Danau Toba 2016.
foto : dok/metrosiantar

Presiden Jokowi saat mengenakan topi adat batak di acara Karnaval Pesta Danau Toba 2016. foto : dok/metrosiantar

POJOKSUMUT.com, PAGELARAN akbar Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2017 yang dijadwalkan tanggal 26 Agustus di Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) diundur menjadi 10 September 2017.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Tobasa Ultrisonlahir Simangunsong menjelaskan pengunduran itu lantaran di hari yang sama digelar Karnaval Pesona Kemerdekaan Parahyangan oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung.

“Pengunduran jadwal Karnaval Pesona Danau Toba ini, intinya karena di hari yang bersamaan ada Karnaval Pesona Kemerdekaan Parahyangan, 26 Agustus,” tutur di ruang kerjanya, Selasa (22/8/2017).

Dijelaskan, jadwal Karnaval Pesona Kemerdekaan Parahyangan baru saja final. Sementara Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2017 sudah launching sejak Maret lalu. Dimana inisiatif itu untuk menindaklanjuti amanah lisan Presiden RI Joko Widodo pada pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba tahun lalu di Balige, bahwa karnaval tersebut harus dijadikan sebagai even tahunan.

Meski demikian, pihaknya merencanakan pengunduran jadwal dengan harapan, saat pelaksanaan Karnaval Pesona Danau Toba nanti berlangsung dengan meriah.

“Target kita, even karnaval ini besar, meriah. Jadi tidak ada salahnya kita tunda. Karnaval akan dilaksanakan pada hari ke 41 setelah HUT Kemerdekaan, tepatnya 10 September,” tandasnya.

“Total peserta karnaval sekitar 2.000 orang, 500 di antaranya peserta inti, untuk manghunti tandok (menjunjung tandok). Tandok itu anyaman berisi beras yang biasanya dipanggul di atas kepala oleh perempuan Batak,selain itu juga ada peserta karnaval yang bermain trompet sangkakala dan lainnya,” lanjut Ultri Simangunsong.

Angka itu bisa lebih. Tetapi jumlah 2000 itu sendiri sudah tergolong besar, hampir sama dengan #PesonaJFC2017 Jember Fashion Carnaval di Jawa Timur.

Pesta Karnaval ini akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 Km dari Soposurung hingga Simpang Sibulele. Jalur karnaval akan melintasi pasar tradisional Balerong yang terdiri dari enam bangunan megah yang dibangun tahun 1930 dengan hiasan ukiran khas Batak Gorda.

Seluruh artis, koreografer, desainer, penggagas kreatif, promotor, dan pengisi acara adalah putera-puteri terbaik di level nasional.

“Untuk semakin membuat heboh Karnaval Pesona Danau Toba 2017 juga akan digelar festival akustik, permainan tradisional martumba, pertunjukan uning-uningan. Jadi, selain mempromosikan budaya dalam rangka mendukung destinasi wisata,” tuturnya. (ft/ara/nt/jpg/nin)



loading...

Feeds