Unimed Wisuda 1.440 Lulusan Diploma, Sarjana & Magister

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Universitas Negeri Medan (Unimed) kembali mewisuda mahasiswanya.

 

Tahun ini, sebanyak 1.440 lulusan dari jenjang diploma (D3) hingga magister (S2), yang berlangsung di Gedung Serba Guna Unimed, Rabu (23/8/2017).

 
Sebanyak 1.440 lulusan yang diwisuda ini meliputi 1.181 lulusan Sarjana Pendidikan (SPd), 87 Magister Pendidikan (MPd), 70 Sarjana Sains (SSi), 34 Sarjana Ekonomi (SE), 24 Magister Humaniora (MHum), 16 Sarjana Sastra (SSs), 11 diploma, dan 8 Magister Sains (MSi).

 

 

Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd dalam sambutan menyampaikan, kepada seluruh wisudawan sudah sepatutnya bersuka cita dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, telah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A.

 

Namun demikian, gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh dapat memberikan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, meniti karir, dan meraih masa depan yang lebih baik.

 

“Rasa suka cita ini tidak menjadi euforia melainkan harus segera bangkit menghadapi tantangan baru dan dunia kerja. Sebab, kompetisi terbuka dalam dunia kerja saat ini lebih menantang, sehingga dibutuhkan insan kreatif dan inovatif serta berdaya juang tinggi untuk bisa menjadi pemenang,” ungkap rektor.

 
Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Unimed sebagian besar lulusannya bergelar Sarjana Pendidikan (SPd) untuk diproyeksikan menjadi guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kependidikan. Oleh karenanya, mereka harus menjalani Pendidikan Profesi Guru (PPG).

 

 

“Berdasarkan UU Guru dan Dosen No 14/2005, dipersyaratkan bahwa untuk menjadi guru harus memiliki sertifikat. Pemerolehan sertifikat guru dapat dilakukan melalui PPG, dan Unimed merupakan salah satu LPTK yang diberi kepercayaan oleh pemerintah menyelenggarakan itu,” sebut Syawal.

 

 

Diutarakannya, tak hanya melahirkan guru berkualitas, lulusan Unimed lainnya yang bergelar Ahli Madya (AMd), Sarjana Sains (SSi), Sarjana Ekonomi (SE), dan Sarjana Sastra (SSs) diproyeksikan untuk menembus dunia kerja yang bergerak di sektor industri dan jasa. Seperti, konstruksi, manufaktur, pertanian, perikanan, telekomunikasi, perbankan dan pariwisata.

 

 
“Unimed berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing lulusannya, yang dilakukan melalui penerapan pembelajaran bermutu, integrasi soft skill dalam pembelajaran, penerapan test standar, dan penerapan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Bahkan, ke depan Unimed akan tetap fokus terhadap pengembangan pendidikan karakter guna menghasilkan generasi yang jujur, cerdas, tangguh, dan peduli,” papar Syawal.

 

 

Dia menambahkan, kepada lulusan yang baru diwisuda ini dipesankan beberapa hal. Antara lain, jaga nama baik almamater, tampilkan diri sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasistas hard skill dan soft skill yang baik.

 

 

Selain itu, tetap komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater serta sesama alumni di manapun berada, berikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif dan ide kreatif—solutif dalam rangka meningkatkan kualitas. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds