Prospek Bisnis Pergudangan Menjanjikan di Tengah Laju Pertumbuhan E-Commerce

 Wira Logistics Centre

Wira Logistics Centre

POJOKSUMUT.com, PERTUMBUHAN E-Commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan cukup signifikan. Pada tahun 2014 saja, Euromonitor mencatat bahwa penjualan online di Indonesia bahkan mencapai US$ 1,1 miliar.

Didukung data Badan Pusat Statistik (BPS) yang juga menyebutkan bahwa industri E-Commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir tumbuh sampai 17% dengan total jumlah usaha E-Commerce yang mencapai 26,2 juta unit. Maka tak heran apabila riset global dari Bloomberg menyatakan bahwa pada tahun 2020 nanti, lebih dari separuh penduduk Indonesia akan terlibat dalam aktivitas E-Commerce tersebut.

Pemerintah juga memberikan dukungan yang sangat besar agar pertumbuhan E-Commerce di Indonesia semakin berakar kuat. Salah satu langkah yang diupayakan dan ditempuh adalah dengan menggandeng Jack Ma, pendiri raksasa E-Commerce Tiongkok Alibaba, untuk menjadi penasihat khusus E-Commerce Indonesia.

Selain memberikan dukungan penuh pada E-Commerce, salah satu fokus pemerintah adalah upaya pembangunan infrastruktur hampir di seluruh Indonesia. Kedua hal ini akan saling berhubungan erat sebab melalui pembangunan infrastruktur, sistem pengiriman barang dan pergudangan di Indonesia akan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan pertumbuhan E-Commerce.

Apalagi di tahun 2017, pertumbuhan sektor properti mulai membaik. Hal ini sebenarnya tak lepas dari pertumbuhan sektor E-Commerce, seperti yang diungkapkan oleh James Taylor, Head of Research. Sebab peningkatan terhadap sektor E-Commerce akan menjadikan permintaan terhadap pergudangan juga menjadi meningkat.

Seperti yang diungkapkan lembaga konsultan properti Jones Lang Lasalle (JLL) yang menyebutkan bahwa terbatasnya pasokan yang dibutuhkan dalam aktivitas E-Commerce menjadi salah satu faktor yang membuat pengembang semakin melirik sektor modern warehouse (gudang penyimpanan modern).Sebab, bila dibandingkan dengan negara-negara Asia tempat menjamurnya aktivitas E-Commerce seperti di China dan Singapura, maka pasokan pergudangan di Indonesia masih tergolong relatif rendah.

Berangkat dari hal tersebut, Wiraland Property Group melihat bahwa perkembangan E-Commerce ke depannya akan semakin cerah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Artinya sebagai pengembang, Wiraland harus melibatkan diri bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan terhadap permintaan modern warehouse yang akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan E-Commerce di Indonesia.

Director of Sales Wiraland Property Group, Jenny Lok menjelaskan Wira Logistics Centre, yakni kawasan pergudangan komersil besutan Wiraland yang berada di Jalan Raya Tanjung Morawa KM 21 akan menjadi salah satu pendukung aktivitas E-Commerce yang sedang bertumbuh pesat saat ini.

Selain berlokasi tepat di jalur distribusi Lintas Nasional Sumatera Utara dan sangat dekat dengan pintu tol Tanjungmorawa, tol baru Lubukpakam-Tebingtinggi, serta gerbang tol baru menuju Bandara Kualanamu, Wira Logistics Centre juga memberikan penawaran pembayaran dengan cicilan sampai dengan 120 kali.



loading...

Feeds