Khusus Pengguna Android, Aplikasi Baru Ini Agar Wi-Fi Aman

ilustrasi
pixabay

ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, KASPERSKY Lab memperkenalkan aplikasi gratis baru untuk pengguna Android agar bisa menggunakan layanan wi-fi dengan aman. Aplikasi ini bernama Kaspersky Secure Connection for Android.

Ini dirancang untuk melindungi data pengguna yang dikirim melalui koneksi internet.

Fitur utama aplikasi ini adalah adaptivitasnya untuk kenyamanan dan perlindungan yang maksimal bagi pengguna, enkripsi lalu lintas dapat diaktifkan secara otomatis tergantung pada tingkat keamanan dari jaringan Wi-Fi di mana perangkat terhubung. Begitu juga dengan situs dan aplikasi yang dibuka.

Enkripsi lalu lintas, yang lebih dikenal dengan VPN (Virtual Private Network), mencegah intersepsi dan penggunaan informasi berbahaya yang dikirimkan melalui koneksi Internet. Misalnya, aplikasi ini dapat membantu mengamankan password akun, korespondensi personal atau foto sensitif yang dikirim secara online, halaman yang dikunjungi dan pembelian yang dilakukan.

Pendekatan ini sangat relevan jika pengguna sering terhubung dengan jaringan WiFi yang tidak dikenal, yang bisa dimanfaatkan oleh penjahat siber sebagai jebakan. Menurut penelitian Kaspersky Lab ditemukan bahwa satu dari empat jaringan WiFi (28 persen) di seluruh dunia tidak aman.

“Pemilik perangkat sering sekali dengan mudahnya mempercayai jaringan WiFi, hanya karena jaringan tersebut diamankan denganpassword. Penjahat siber kemudian memanfaatkan kepercayaan tersebut,” kata General Manager-SEA Kaspersky Lab, Sylvia Ng, Senin (28/8/2017) seperti dilansir Jawa Pos.com.

Sebagai contoh, kata dia, beberapa jaringan Wi-Fi di hotel biasanya jaringan ditaruh di tempat-tempat populer yang terdapat banyak pengunjung sehingga mengakibatkan lalu lintas tinggi dalam sebuah jaringan untuk dapat melayani dengan andal. Tetapi tidak ada yang bisa menghentikan penjahat siber untuk membuat jaringan Hotel WiFi 3 sebagai tambahan dari Hotel WiFi 1 dan Hotel WiFi 2 yang sudah disiapkan oleh pihak hotel.



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.