Ini Penyebab Kenaikan Harga Cabai di Medan

ilustrasi 
Cabai
pixabay

ilustrasi Cabai pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kenaikan harga cabai merah di Kota Medan saat ini yang dijual berkisar RpRp37 ribu hingga Rp39 ribu/kg, dinilai akibat tingginya permintaan.

“Tidak bisa dipungkiri harga cabai naik dikarenakan tren konsumsi cabai yang mengalami kenaikan pada momen menjelang Idul Adha,” kata Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Minggu (3/9/2017).

Menurut dia, faktor lain yang memungkinkan menjadi penyebab harga cabai naik ini lantaran beberapa distributor menyatakan, bahwa panen yang berkurang di sejumlah wilayah seperti Aceh dan Siantar (Sumut).

“Kenaikan harga cabai saat ini memang sangat signifikan dan cukup mengkhawatirkan. Ditambah lagi ada libur panjang di akhir pekan lalu sehingga ada kemungkinan gangguan persediaan,” ujar Gunawan.

Kendati demikian, sambung dia, masyarakat tidak perlu panik. Sebab, ada potensi harganya turun kembali.

“Kita lihat nanti setelah idul adha, diharapkan bisa kembali normal,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk harga cabai ini memang perlu ditelisik lebih mendalam lagi. Sebab, dalam sebulan terakhir trennya memang naik. Oleh karenanya, perlu dijaga agar tidak naik melebihi Rp30 ribu/kgnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Nias Barat Diguncang Gempa

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 20.17 WIB dengan berkekuatan 4,2 Skala …