Rapat Dadakan di Istana Negara Bahas Rohingya, Begini Sikap Resmi Jokowi

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Desakan agar pemerintah Indonesia bersikap tegas dalam menyikapi penindasan yang dialami Muslim Rohingya di Myanmar direspon Presiden Joko Widodo dengan menggelar jumpa pers mendadak di Istana Negara, Minggu (3/9/2017) malam.

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia kita menyesalkan aksi kekerasan di Rakhine State, Myanmar,” ujar Jokowi-panggilan beken presiden- dalam jumpa pers yang juga dihadiri Menkopolhukam Wiranto dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno itu.

Jokowi menambahkan, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Myanmar. Karena itu, pemerintah juga bersinergi dengan kekuatan masyarakat sipil di Indonesia dan internasional.

“Perlu sebuah aksi nyata, bukan hanya kecaman-kecaman,” tegasnya.

Untuk itu, Jokowi telah menugaskan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menjalin komunikasi dengan berbagai pihak termasuk Sekretaris Jenderal (Sekjen) Antonio Guterres serta Kofi Annan yang kini memimpin Advisory Commission on Rakhine State.

Retno pun telah bertolak ke Myanmar. Tujuannya adalah meminta pemerintah Myanmar untuk menghentikan dan mencegah kekerasan, sekaligus memberikan perlindungan kepada muslim di Rakhine State dan membuka akses bagi bantuan kemanusiaan.

Jokowi memastikan pemerintah Indonesia sudah melakukan aksi dalam rangka membantu warga Rohingya yang meninggalkan Myanmar. Pada Januari dan Februari lalu, Indonesia telah mengirim bantuan kemanusiaan dan kesehatan.

Indonesia juga membangun sekolah di Rakhine State. Rencananya, Indonesia juga akan membangun rumah sakit di Rakhine State pada Oktober mendatang.
Indonesia juga telah menampung pengungsi Rohingnya dan menyediakan bantuan terbaik. Bahkan, Jokowi menugaskan Retno untuk bertemu pemerintah Bangladesh dalam rangka menyiapkan bantuan kemanusiaan yang diperlukan pengungsi Rohingnya di negeri pecahan India itu.

“Kita harapkan minggu ini kita kirim lagi bantuan kemanusiaan dan obat-obatan. Krisis kemanusaiaan ini harus segera dihentikan,” pungkas Jokowi.(jpg/fat/ara/jpnn)



loading...

Feeds

Nias Barat Diguncang Gempa

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 20.17 WIB dengan berkekuatan 4,2 Skala …