Kisah WNI yang Kerja di Kantor Facebook, Sempat Gugup Saat Bertemu Mark Zuckerberg

Hendri
foto : BatamPos/JPG

Hendri foto : BatamPos/JPG

POJOKSUMUT.com, HENDRI, warga negara Indonesia (WNI) yang sangat beruntung. Dia berhasil kerja di Kantor Facebook di Amerika Serikat.

Kini, setelah empat tahun bekerja di Facebook dan Instagram, Hendri kembali melepas rindu di bumi Melayu. Pengalaman bekerja di perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu, ditumpahkan ke dalam sesi wawancara dengan Batam Pos (Jawa Pos Group) di kediaman kakaknya.

Hendri lahir di Tanjungpinang dan besar di Batam. Mulai dari Taman Kanak-kanak hingga SMA, ia habiskan di Sekolah Yos Sudarso Batam. Anak ketiga dari tiga bersaudara ini memang dikenal sangat hobi matematika.

Jika ia tidak berani mengubah haluan dari jurusan kedokteran, mungkin nasibnya tidaklah sama seperti yang sekarang. Dokter dan ilmu komputer, adalah dua jurusan yang jelas berbeda. Berkaca dari kedua kakak, Hendri yang awalnya sempat mencicipi menjadi mahasiswa baru jurusan kedokteran pun beralih menjadi mahasiswa ilmu komputer di Universitas Indonesia.

Bagi sebagian orang mungkin Hendri termasuk orang yang nekat. Namun, ia justru orang yang cekatan dan berbakat. Jika tidak, mana mungkin pihak Facebook ingin ia terus bekerja setelah masa magangnya habis.

Langkahnya bekerja di perusahaan masa depan itu, dimulai dari kompetisi online bertajuk Top Coder. Di mana algoritma menjadi sebuah persoalan yang harus diselesaikan oleh peserta. Tujuannya menjadi anak muda yang memiliki kemampuan problem solving terbaik untuk ditawarkan magang di Facebook (FB).

Hendri yang memang gemar bahas pemrograman ini memandang kompetisi hanya sekadar menyalurkan hobi. ‘’Pemrogaman itu seperti puzzle, kita harus menyesuaikan code agar program tersebut bisa berjalan dengan baik,’’ kata Hendri, beberapa waktu lalu.
Singkat cerita, Hendri yang waktu itu baru saja menyelesaikan kuliah S1-nya, menerima email penawaran tersebut. Kesempatan ini tentu menjadi hal yang langka bagi seorang pemula. Namun, Hendri justru malah menolak tawaran tersebut. Ia justru tergiur dengan beasiswa S2 di Norwegia, tepatnya di Norwegian University of Science and Technology (NTNU).



loading...

Feeds

Nias Barat Diguncang Gempa

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 20.17 WIB dengan berkekuatan 4,2 Skala …