Perguruan Tinggi Berbasis Islam Deklarasi Gerakan Sumut Halal

 
POJOKSUMUT.com, MEDAN-Perguruan tinggi (PT) berbasis Islam di Sumatera Utara (Sumut) mendeklarasikan Gerakan Sumut Halal di Raz Hotel, Jalan Dr Mansyur Medan akhir pekan ini.

 

 

Pendeklarasian tersebut dilakukan, mengingat saat ini umat Islam sedang dikelilingi oleh produk-produk yang berpotensi mengandung bahan yang tidak halal.

 

Deklarasi yang dirangkaikan dengan Focus Group Discussion (FGD) bertema ‘Perkembangan Halal di Sumatera Utara’ itu, dihadiri Ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LP-POM MUI) Sumut Prof Basyaruddin, pengurus International Halal Foundation (IHF) Malaysia Mohammad Nor Khafidz, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan Dr H Muhammad Isa Indrawan, Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Prof Mhd Assad, Rektor Universitas Amir Hamzah Medan Tarmizi, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) Prof Ahmad Rafiki Tantawi, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Prof Ramli Abdul Wahid, Kaprodi PAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Zulkarnain.

 

 
Ketua LP-POM MUI Sumut Prof Basyaruddin mengatakan, umat Islam saat ini sedang dikelilingi oleh produk-produk yang berpotensi mengandung bahan dari lemak dan unsur-unsur babi.

 

 

Hal ini dikarenakan banyak yang belum memahami bahwa label bertulis ‘This product contain substance from porcine’, artinya produk tersebut mengandung bahan dari babi. Begitu juga dengan istilah ‘The source of gelatin capsule is porcine’, yang artinya kapsul dari gelatin babi.

 

 

“Banyak istilah yang belum masyarakat pahami, sehingga sangat disarankan agar konsumen bertanya terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu yang kandungan bahannya belum mereka ketahui,” ungkap Prof Basyaruddin.

 

 

Menurutnya, sesuai dengan UU Jaminan Produk Halal No 33 tahun 2014 tentang keharusan suatu produk bersertifikat halal, harus dijalankan secara ketat. Tentunya, sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan.

 

 

Pengurus International Halal Foundation Malaysia Mohammad Nor Khafidz menyatakan, betapa pentingnya laboratorium dalam mendiagnosa kandungan suatu produk halal. Konsep dan penerapan halal di Malaysia melalui Halal Trust merupakan sebuah sistem (ISO).

 

 
“Halal Trust tidak hanya memverifikasi kehalalan suatu produk tetapi juga ‘kethoyyibannya’ (kebersihan dan kesehatan suatu makanan atau produk),” kata Khafidz seraya menyampaikan apresiasi terhadap Rektor Unpab Isa Indrawan yang menginisiasi pertemuan di kalangan akademisi Islam di Sumut untuk mendeklarasikan Gerakan Sumut Halal.

 

Dia berharap, kegiatan ini membuka peluang Halal Trust untuk mengembangkan misi dan pentingnya International Halal Foundation (IHF) untuk memverifikasi standar halal yang dapat dipakai dunia.

 

“Saya berharap kelak bersama-sama negara yang ada di Asia Tenggara, melakukan gerakan halal secara terintegrasi,” tutur Khafidz.

 



loading...

Feeds

Resmi Menjanda Lagi, Musdalifah Bersyukur

POJOKSUMUT.com, MUZDALIFAH harus menerima kenyataan kembali berstatus janda. Pun demikian, dia mengaku bersyukur setelahPengadilan Agama Tangerang telah mencabut status pernikahannya …

Babak I : PSMS Vs Persita : 0-0

Dua menit kemudian, gelandang serang Persita Henry Rivaldi kembali lolos dari kawalan pemain PSMS, mampu melepaskan tendangan keras namun melenceng …