Buka Rute Medan-Yogyakarta, Citilink Targetkan 85 Persen Kursi Penumpang

Citilink

Citilink

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Rute penerbangan baru Medan-Yogyakarta yang dibuka oleh Maskapai Citilink Indonesia pulang pergi, telah resmi terbang perdana Rabu (20/9) kemarin. Dalam rute terbaru tersebut ditargetkan 85% kursi penumpang dapat terisi.

“Kehadiran rute baru ini ditargetkan tingkat keterisian kursi penumpang rata-rata bisa mencapai 85 persen,” ujar Direktur Niaga Citilink Indonesia, Andy Adrian, Kamis (21/9/2017).

Dikatakannya, apabila target terpenuhi dan konsisten hingga akhir tahun, maka kemungkinan akan ditambah lagi frekuensi penerbangannya.

Menurut dia, dibukanya penerbangan baru tersebut melihat adanya peluang bisnis dari pertimbangan beberapa aspek. Dari sisi bisnis penerbangan, jumlah penumpang yang terbang kedua kota tersebut sangat sehat dan cukup seimbang, baik untuk tujuan pariwisata, kepentingan bisnis dan pendidikan.

Sedangkan sisi pertumbuhan ekonomi, kedua kota ini cukup besar dibandingkan dengan beberapa kota lainnya di Indonesia. Kedua kota tersebut pertumbuhan ekonominya di atas 5,01 persen (tahun 2016), yaitu 5,18 persen untuk Sumut dan 5,12 persen Yogyakarta .

“Hadirnya Citilink Indonesia yang menghubungkan Medan dan Yogyakarta diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan di kedua destinasi, selain mengakselerasi pertumbuhan bisnis di Indonesia. Kekayaan budaya serta kualitas pendidikan yang baik kedua kota tersebut dipercaya dapat menarik perhatian para wisatawan mancanegara,” papar Andy.

Sebelumnya, kata Andy, penerbangan rute baru ini menggunakan pesawat Airbus A320 Neo dengan kapasitas 180 penumpang. Waktu tempuh 3 jam 5 menit (Medan-Yogyakarta), dengan jadwal keberangkatan pukul 12.00 WIB.

Sedangkan dari Yogyakarta-Medan ditempuh 2 jam 55 menit, dengan waktu keberangkatan pukul 15.55 WIB.

“Harga tiket penerbangan yang ditawarkan mulai Rp890 ribu sekali jalan. Harga tersebut masih promo, berlaku bagi penumpang ataupun agen travel. Setelah tiket harga promo habis, maka harga yang ditawarkan akan berbeda lagi,” sebutnya.

Diutarakan Andy, pada penerbangan perdana rute tersebut yang terbang dari Medan, berdasarkan informasi mencapai sekitar 160-an penumpang. Jumlah itu tentunya lebih dari 80 persen kursi yang disediakan (180 kursi).

Dengan jumlah penumpang perdana tersebut, sambung dia, menjadi pertanda baik untuk ekspansi ini. Ke depannya, mudah-mudahan dapat bertahan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds