2018, USU Targetkan Masuk Klaster I Pemeringkatan Kemenristekdikti

Rektor USU Prof Runtung Sitepu saat memantau pelaksanaan ujian tulis seleksi jalur mandiri, beberapa waktu lalu.
foto : fir/pojoksumut

Rektor USU Prof Runtung Sitepu saat memantau pelaksanaan ujian tulis seleksi jalur mandiri, beberapa waktu lalu. foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Universitas Sumatera Utara (USU) menargetkan dapat masuk Klaster I pemeringkatan Kemenristekdikti di tahun 2018.

Rektor USU Prof Runtung Sitepu mengatakan, saat ini USU berada di Klaster II versi Kemenristekdikti dengan posisi urutan ke-19.

Posisi ini jauh mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang menduduki peringkat 38, sebagai kampus terbaik se-Indonesia.

“Dengan kerja keras kita dalam berbagai aspek, saya optimis USU dapat mengembalikan citra yang dulu. Hal itu merupakan obsesi saya disisa jabatan. Untuk itu, saya menekankan agar kekompakan antar civitas akademika harus tetap dijaga,” ungkapnya, Senin (25/9/2017).

Rektor menuturkan, posisi USU dalam peringkat Kemenristekdikti tahun ini disebabkan karena terus meningkatkan akreditasi program studi (prodi). Sebab, dalam penilaian ini, nilai prodi yang diraih USU cukup tinggi bobotnya sekitar 30 persen.

“Saya optimis dan tentunya ini poin penting dalam menyumbang nilai perolehan akreditasi A untuk institusi. Dengan demikian, akan mampu menempatkan USU di klaster pertama yakni 14 perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” tuturnya.

Dia menyebutkan, sekira 80 persen prodi di USU sudah meningkat akreditasnya dari B ke A dan C ke B. Antara lain, sebanyak 42 prodi menjadi A dari 15 prodi sebelumnya. Kemudian, 83 prodi memperoleh nilai B.

“Untuk borangnya, sebanyak 52 prodi baik perpanjangan peningkatan akreditasi dan pengurusan akreditasi baru, paling lambat pada Oktober 2017 akan dikirim ke BAN-PT. Semua sudah dipersiapkan dan tinggal dikirim,” sebut Runtung. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds