Danau Toba Makin Mendunia Berkat Even Ini

Danau Toba : Foto kemenpar

Danau Toba : Foto kemenpar

 

POJOKSUMUT.com, SAMOSIR – Bupati Samosir Rapidin Simbolon, melepas secara resmi 800 peserta lomba lari Samosir Lake Toba Ultra Marathon (SLTUM) 2017 di pelataran Hotel Sitio-tio Pangururan akhir pekan lalu.

Sebelum melepas peserta lomba, Rapidin menyampaikan selamat datang di Kabupaten Samosir “Negeri Indah Kepingan Surga”.

“Nikmatilah keindahan panorama Danau Toba, berlomba sembari berwisata. Lomba Ultra Marathon ini bukan hanya ajang berkompetisi, sekembalinya peserta ke daerah asalnya juga menjadi media promosi kepada dunia bahwa Danau Toba menyajikan keindahan luar biasa mengagumkan untuk dikunjungi,” ujar Rapidin.

Simbolon melepas ratusan peserta yang mengikuti lomba untuk kategori 50K (50 Kilometer), sedangkan Kapolres Samosir, AKBP Donald Simajuntak SIK melepas untuk 25 km.

Sementara itu Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga melepas peserta untuk jarak 10 km dan 5 km.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro, mengatakan, Samosir Lake Toba Ultra Marathon adalah rangkaian even ke tujuh Horas Samosir Fiesta (HSF) 2017.

“Even ini akan terus dikembangkan karena alam dan kekayaan budaya Pangurusan Samosir harus dikombinasikan demi mengangkat pamor Danau Toba yang mendunia,” kata Ombang.

Even yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini merupakan rangkaian program Pemerintah Kabupaten Samosir yang diselenggarakan Running Explorer, bekerja sama dengan Horas Halak Hita Toba International Detour dan didukung Kementerian Pariwisata.

“Ini lomba lari yang terunik di Indonesia karena merupakan satu-satunya lomba lari yang dilakukan di pinggir danau. Selain itu, jalurnya juga sangat menantang karena tanjakan dan turunannya cukup sulit dan ekstrim dibanding even yang sama,” ujarnya.

Menurut Ombang, berlari di Samosir akan membawa sensasi tersendiri. Di sini peserta dimanjakan pemandangan Danau Toba yang mengelilingi Pulau Samosir.

Suasana yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air jernih yang berwarna biru, dan juga pemandangan memesona beberapa pegunungan hijau, dipastikan siap menyapa peserta.

Belum lagi, panorama danau raksasa di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut juga bisa dilihat langsung dari dekat.



loading...

Feeds