Setya Novanto Memang Sakit Parah atau Hanya Ecek-ecek?

Foto Setia Novanto kritis malah ditertawai netizen

Foto Setia Novanto kritis malah ditertawai netizen

 
POJOKSUMUT.com, Tersangka kasus korupsi E-KTP Setya Novanto difoto sedang sakit keras dengan berbagai alat medis di tubuhnya. Percaya?

Foto yang menggambarkan Novanto sedang berbaring di ranjang Rumah Sakit itu beredar dua hari menjelang sidang putusan praperadilan, Jumat (29/9).

Sebagaimana diketahui, memang saat ini Ketua Umum Partai Golkar itu sedang dirawat di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Pada foto itu juga tampak Novanto sedang menggunakan selang di mukanya dan terlihat memegang tasbih hitam. Ada juga seroang perempuan yang sedang menjenguk dengan ekspresi tersenyum seperti gembira.

Hal itu menimbulkan tanda tanya dari para warganet. Mengapa ekspresi atau mimik para pembesuk Novanto justru bahagia?

Bahkan ada foto pembesuk sedang berswafoto di depan Novanto yang terbaring. Apakah hal iti wajar? Banyak netizen menganggap sang Papa pura-pura sakit.

“Ekspresi sesorang sebetulnya tak bisa menghakimi seseorang ya. Meskipun secara normal kok aneh ya seolah pembesuk itu enggak ada empatinya wong lagi jenguk orang sakit malah kaya terlihat gembira.”

“Apa jangan-jangan enggak sakit atau bohong. Wajar juga kalau netizen berpikir begitu,” kata Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie kepada JawaPos.com, Kamis (28/9).

Liza menambahkan ada juga sebagian orang minoritas dalam kasus tertentu justru berpura-pura tersenyum untuk menutup kesedihannya. Bahkan tidak sedikit orang yang berpura-pura bahagia padahal di dalam hatinya sedang sedih.

Bagaimana dengan aksi swafoto para penjenguk Novanto? Soal itu Liza juga mengaku heran. Jikapun ingin mengambil foto di ruang perawatan pasien, tentu bukan selfie di kala kondisi pasien masih kritis atau tak sadarkan diri.

“Mungkin jangan selfie juga ya. Lucu dong, pasien lagi terbaring masa selfie,” kata Liza.

Lalu apa mungkin foto itu adalah buatan atau settingan? Liza menilai zaman sekarang semua hal termasuk politik bisa dibeli dengan uang. Namun hal itu tentu akan beresiko dari segi etika medis.

Karena itu Liza mengatakan, tak ada salahnya dokter atau rumah sakit yang merawat Novanto memberikan keterangan pers tentang kondisi umum Novanto agar publik tak bertanya-tanya.

“Kalau sudah begini, jangan salahkan netizen jika bertanya-tanya soal foto itu. Karena semuanya bisa dibuat dan direkayasa untuk tujuan tertentu,” tukasnya.

(ika/JPC)



loading...

Feeds