Penting! Mulai 1 Oktober, Seluruh Gerbang Tol Belmera Berlakukan Pembayaran Non Tunai

ilustrasi
foto : pixabay

ilustrasi foto : pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Bagi Anda pengguna jalan tol sebaiknya bersiap-siap. Pasalnya, mulai 1 Oktober 2017 di Tol Belawan-Medan-Tanjungmorawa (Belmera) tidak akan menerima transaksi tunai lagi.

General Manager PT Jasa Marga Cabang Belmera, Iwan Rosa mengatakan tanggal 1 Oktober penggunaan kartu elektrik diberlakukan secara penuh. “Kami di Jalan Tol Belmera akan gunakan non tunai seratus persen per 1 Oktober. Di semua gerbang, cuma jamnya kami enggak buat 00.00 WIB. Nanti akan kami atur,” ujarnya, Jumat (29/9/2017) sore.

Dia menjelaskan sosialisasi pembayaran non tunai tersebut sudah disampaikan ke pengguna jalan tol sejak dua bulan lalu. “Sudah melalui public voice di gerbang. kami sudah pasang spanduk-spaduk di pintu masuk,” lanjutnya.

Iwan mengurai sejatinya penggunaan kartu elektronik non tunai sebenarnya sudah teraplikasikan beberapa tahun lalu. “Di Jalan Tol Belmerah itu kami sudah sejak 2014, mungkin sebagian pengguna tol sudah menggunakan kartu elektronik. Nah, posisi terakhir sampai 25-26 september, secara total di Tol Belmera sudah 47 persen pengguna tol menggunakan kartu elektronik,” ungkapnya.

Uji coba untuk memberlakukan secara penuh di Tol Belmera sempat dilakukan tanggal 27 September. “Dalam upaya proses menseratuspersenkan penggunaan kartu elektronik, kami mulai dari Tol H Anif dan Bandar Selamat, posisinya di dua gerbang tersebut 67 persen sudah menggunakakn kartu elektrik,” bebernya.

Iwan mengungkapkan, sejatinya pemberlakuan pembayaran tol non tunai ini tantangannya ada di Tol Belmera dibanding Tol Kualanamu-Sei Rampah yang dalam waktu dekat akan dioperasikan.

“Ruas Tol dari kualanamu-Sei Rampah, lebih mudah prosesnya ketimbang Belmera. Karena, marketnya di tempat yang belum ada dan langsung menggunakan sistem kartu elektronik. Kalau kami di Belmera sudah ada pasarnya, dan kami harus mengubah dari yang tunai ke non tunai,” paparnya.
`



loading...

Feeds