Ingat Ya! Pemberlakuan E-Toll Card Jangan Hanya Cari Untung

Tol Belmera
foto : jasamarga.com

Tol Belmera foto : jasamarga.com

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pemberlakuan sistem pembayaran non tunai atau menggunakan kartu tol (e-toll card) pada semua jalan tol di Indonesia termasuk Medan mulai hari ini (1/10/2017) diimbau jangan sampai hanya menguntungkan satu pihak saja.

Akan tetapi, pelayanan juga harus menjadi hal yang diutamakan.

“Kajian dan rancangan tersebut jangan sampai menguntungkan sepihak saja, dengan mengurangi tenaga kerja dan diganti mesin. Tapi, paling utama jasa pelayanan bagi pengguna jalan tol seperti yang ada di luar Sumut,” ungkap pengamat transportasi Sumut, Sukrinaldi kepada wartawan di Medan, Minggu (1/10/2017).

Kata dia, penggunaan kartu untuk pembayaran tol sah saja diberlakukan. Kendati demikian, patut dipertanyakan sejauh mana keberhasilan dari terobosan ini.

“Seperti yang kita lihat sendiri, contohnya di Jakarta dan kota lainnya, yang ada justru penumpukan antrian kendaraan di pintu masuk dan keluar tol,” tutur Ketua Lembaga Studi Advokasi Transportasi Sumut ini.

Menurutnya, fakta di lapangan mengisyaratkan yang menggunakan kartu atau tidak kebanyakan mengeluh. Padahal, tok sendiri merupakan akses bebas hambatan. Namun, untuk keluar atau masuk saja susah.

Diutarakan dia, program ini belum dapat dibilang efektif. Sebab, yang namanya mesin buatan manusia belum tentu menjamin tak mendapat gangguan.

“Apabila di tengah kepadatan antrian terjadi gangguan mesin, apa tidak carut marut jadinya,” cetus dia.

Ia menambahkan, cara tersebut jika mau dilakukan silahkan saja. Akan tetapi, menggunakan uang tunai seperti biasa tetap dibolehkan.

“Ada petugas saja masih kacau balau. Apalagi hanya mengandalkan mesin saja yang sewaktu-waktu bisa bermasalah,” tukasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds