Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Keluarga Besar PP Sumut Gelar Upacara & Renungan Suci

foto : fir/pojoksumut

foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Keluarga Besar Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Sumatera Utara (Sumut) menggelar upacara kehormatan dan renungan suci memperingati Hari Kesaktian Pancasila ke-52.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Tugu Ampera Desa Kolam, Percut Seituan, Deliserdang, Minggu (1/10/2017) dini hari.

Upacara dipimpin oleh Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI Tribowo Budi Santoso. Upacara diawali dengan melakukan penghormatan, dan selanjutnya renungan suci.

Sebelum dilakukan upacara dan renungan Suci, terlebih dahulu dilakukan pemutaran film sejarah tentang G30S/PKI di Kampung Kolam. Pemutaran film yang memakan waktu 3 jam 37 menit ini, dihadiri oleh masyarakat Kampung Kolam serta para kader Pemuda Pancasila se-Sumut.

Ketua MPW PP Sumut H Kodrat Shah mengatakan, upacara dan renungan suci ini bertujuan sekaligus mengenang jasa dua kader terbaik Pemuda Pancasila yang gugur melawan gerakan PKI di Desa Kolam pada saat itu.

Menurutnya, masyarakat juga perlu tahu bahwa Pemuda Pancasila rela berkorban demi mempertahankan ideologi bangsa yakni Pancasila.

“Kegiatan ini tetap kita lakukan setiap tahunnya, agar masyarakt sekitar waspada terhadap komunis, karena dimana pun tidak ada tempatnya bagi komunis. Sebab, mereka tidak mengakui agama apapun, dan telah berbuat sadis termasuk kepada anggota Pemuda Pancasila,” kata Kodrat Shah usai kegiatan tersebut.

Sementara, Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI Tribowo Budi Santoso mengatakan, tokoh-tokoh pemuda harus lebih waspada terhadap bahaya laten komunis yang ada di Indonesia, khususnya Sumut.

“Semangat kita untuk membangun dan mempertahankan Pancasila serta memberantas komunisme atau bangkitnya kembali PKI dapat kita waspadai lebih dini,” ujar Pangkosek.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan peletakkan karangan dan tabur bunga di makam kader PP dekat Tugu Ampera. Lalu, melakukan penghormatan terakhir terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds