Tak Punya E-Toll Card? Tak Boleh Masuk

Tol Belmera
foto : jasamarga.com

Tol Belmera foto : jasamarga.com

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Bagi pengendara roda empat atau lebih yang sehari-hari memanfaatkan akses jalan tol di kawasan Kota Medan sekitarnya, kini wajib memiliki kartu tol (e-toll card) sebagai alat pembayaran.

Jika tidak, maka tidak diperbolehkan melintas.

“Kebijakan ini diambil atas perintah Presiden Joko Widodo. Hal ini agar lama transaksi tol bisa dipersingkat atau bebas dari antrian,” ujar General Manager Keuangan dan Umum Tol Kualanamu-Tebingtinggi, Asmuji, akhir pekan ini.

Menurut dia, sosialisasi yang dilakukan terhadap para pengguna jalan tol sudah berlangsung sejak September lalu. Katanya, pihak pengelola Tol Belmera (Belawan-Medan-Tanjungmorawa) akan menyiapkan petugas untuk mengawal penerapan kebijakan ini.

“Jadi, nanti kendaraan akan masuk ke dalam gerbang tol ada petugas yang memandu untuk melakukan perekaman data. Bagi yang tak memiliki kartu e-toll tidak diperbolehkan masuk,” sebutnya.

Ia menambahkan, pemberlakuan sistem ini nantinya juga dilakukan pada Tol Kualanamu-Tebing Tinggi yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian.

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara Arief Budi Santoso mengatakan, sistem tersebut diterapkan untuk menggalakkan pemakaian uang non tunai.



loading...

Feeds