Jangan Asal Tuduh Orang Punya Begu Ganjang, Nanti Kayak Kakak Ini

Mewati Sinaga menjalani sidangnya kemarin (2/10/2017).
foto : Metro Siantar/JPG

Mewati Sinaga menjalani sidangnya kemarin (2/10/2017). foto : Metro Siantar/JPG

POOKSUMUT.com, SIMALUNGUN-Meswati Sinaga (40) warga Simpang Bah Butong, Kelurahan Bah Butong, Kecamatan Sisamanik, Kabupaten Simalngun, harus mempertanggung jawabkan perkataannya hingga ke ruang sidang.

Ya, kemarin (2/9/2017), majelis hakim di Pengadilan Negeri Simalungun menggelar sidang kasus pencemaran nama baik terdakwa yang tidak ditahan sejak kasusnya dilaporkan ke polisi.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Julita Nababan terungkap, perbuatan tak menyenangkan ini dilakukan Meswati Sinaga pada hari, Sabtu 1 Oktober 2016 sekira pukul 08.30 WIB, bertempat di komplek Pekan Sidamanik, Keluahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik.

Dia (terdakwa) sengaja menyerang kehormatan atau nama baik orang lain dengan menuduhkan sesuatu hal terhadap orang lain, yakni mengatakan par (pemilik) begu ganjang.

Ketika itu, terdakwa yang berjualan ikan tak jauh dari lapak korban Rusli br Sitio juga menjual ikan berbicara dengan suara keras terhadap korban dengan mengatakan, “Eh parbegu ganjang, nungga digerebek ho, ditutung jabum dohot ho, di usir sian Tangga Batu (Eh parbegu ganjang, sudah dibakar rumahmu, bersama kamu, diusir kamu dari Tangga Batu”.

Korban hanya diam tanpa ada perlawanan. Sialnya lagi, tiba-tiba datang menantu korban bersama anaknya. Melihat kehadiran keduanya, terdakwa lagi-lagi mengucapkan, ”Sudah datang gelleng (anak) parbegu ganjang, panako (pencuri)”.

Perbuatan terdakwa diatur dan diancam pidana dalam pasal 310 ayat (1) KUHPidana. Amatan kru koran ini, terdakwa tampak tegar seakan-akan tak bersalah dengan perbutannya.

Majeis hakim dipimpin Melinda Aritonang, didampingi dua hakim anggota yakni Rozianti dan Justiar Ronal menyatakan, akan melanjutkan persidangan minggu depan guna mendengarkan keterangan saksi berikutnya. Ketika hakim bertanya kepada jaksa, kenapa terdakwa tidak ditahan? JPU menyatakan, semua orang tidak ditahan tergantung pidananya. (ros/ms/jpg/nin)



loading...

Feeds