Koolfever Roadshow ke SD Panca Budi Medan, Edukasi Cara Atasi Demam

 
POJOKSUMUT.com, MEDAN-Koolfever plester penurun panas atau demam yang baik pada anak sampai orang dewasa, melakukan roadshow ke SD Panca Budi Medan baru-baru ini.

 

Dalam roadshow tersebut, siswa dan orangtua murid diberikan edukasi bagaimana cara mengatasi demam.

 
Edukasi tersebut disampaikan oleh praktisi kesehatan dr Dermawan SpA dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

 
Dalam acara bertajuk Koolouring Fun with KoolFever, dirangkai juga berbagai kegiatan lain, seperti perlombaan mewarnai dan menggambar (Koolouring) hingga hiburan (KoolTainment).

 
“Salah satu masalah kesehatan anak adalah penyakit demam. Penyakit ini menjadi hal yang paling sering dikeluhkan dan dicemaskan oleh orangtua, karena memang langganan terjadi pada anak usia dini. Namun, demam tidak perlu dikhawatirkan. Orangtua hanya perlu tahu bahwa demam merupakan keadaan suhu tubuh di atas suhu normal (37,5 celsius),” tutur dr Dermawan SpA.

 

 
Dijelaskannya, penyebab demam di antaranya infeksi saluran pernapasan bakteri atau virus (pilek, flu, radang tenggorokan). Infeksi telinga, pencernaan, saluran kemih, diare akibat makanan yang terkontaminasi (gastroentritis), tifus, cacar air, demam berdarah, malaria, pneumonia atau inflamasi pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi.

 
Selanjutnya, meningitis atau peradangan pada selaput pelindung otak, lingkungan yang panas dan pemakaian baju yang terlalu tebal atau berlapis-lapis serta efek samping imunisasi.
“Pertolongan yang dapat dilakukan ibu atau orang tua saat anak demam, di antaranya mengajak anak istirahat, menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk dan nyaman, memperbanyak konsumsi cairan seperti air, sup, jus. Bisa juga minum cairan yang mengandung elektrolit apabila anak diare dan bisa berikan anak makan yang mudah ditelan dan dicerna. Selanjutnya memberi antipiretik (paracetamol dan ibuprofen) atau mengkompres,” ungkap dr Dermawan.

 

 

 



loading...

Feeds